Makassar Tetap Gelar Upacara HUT RI Ke-75, Peserta Ada yang Via Virtual

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 16:30 WIB
Persiapan HUT RI di Makassar
Persiapan HUT RI di Makassar (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar tetap akan mengelar pelaksanaan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Hanya, pelaksanaan HUT RI kali ini akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan, menyusul saat ini masih pandemi virus Corona (COVID-19).

"Peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia 75 dalam suasana COVID, oleh sebab itu beberapa waktu lalu Kemenpora mengirimkan surat ke daerah, tentang pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus, tetap ada upacara, merujuk pada tata cara yang diselenggarakan di Istana," kata Kadispora Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin di kantor DPRD Makassar, Selasa (4/8/2020).

Hendra menjelaskan, pihaknya akan mengurangi seluruh peserta yang akan melakukan upacara pada HUT RI mendatang. Peserta bahkan hanya dibatasi 20 orang dengan pasukan pengibar bendera (paskibra) sekitar 8 orang. Sementara pelaksanaannya yang sedianya digelar di Lapangan Karebosi dipindah ke Kantor Balai Kota Makassar.

"Upacara dilakukan dengan mengundang Forkopimda, para kepala dinas mengikuti upacara lewat virtual. Pasukan terdiri dari 20 orang, pasukan peserta upacara hanya 20 orang, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD. Kemudian paskib sesuai dengan acuan, hanya menyiapkan 8 orang, 3 pengibaran, 3 penurunan, 2 cadangan," sebut Achmad.

"Dan melihat format upacara yg tidak terlalu luas, kami memutuskan pelaksanaan upacara di Kantor Balai Kota," lanjutnya.

Pemkot Makassar sendiri kini memantangkan kesiapan pelaksanaan HUT RI ke-75. Upacara kali ini digelar berbeda karena menerapkan protokol kesehatan.

"Adapun hal tersebut, kami sudah jabarkan bersama Pak Sekda, besok rapat pemantapan final, dan yang kami lakukan sesuai dengan acuan dari kementerian Kemenpora," terangnya.

(elz/ear)