Hari Kedua Ganjil Genap, Halte TransJ Harmoni Tanpa Antrean Pagi Ini

Jehan Nurhakim - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 07:58 WIB
Hari kedua pemberlakuan ganjil-genap (gage), tidak terdapat antrean penumpang di Halte Transjakarta (TJ) Harmoni, Jakarta Pusat.
Foto: Jehan Nurhakim/detikcom
Jakarta -

Pada hari kedua pemberlakuan ganjil-genap (gage), tidak terdapat antrean penumpang di Halte TransJakarta (TJ) Harmoni, Jakarta Pusat. Situasi kepadatan kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pantauan detikcom di Halte Harmoni, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (4/8) pukul 06.59 WIB, tidak tampak antrean penumpang di sepanjang koridor halte.

Para penumpang terlihat memakai masker dan jaga jarak. Sebelum menaiki bus TransJakarta, penumpang diharuskan melewati pemeriksaan suhu tubuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadi penyebaran COVID-19.

suasana di Halte TransJ HarmoniSuasana di Halte TransJ Harmoni (Jehan Nurhakim/detikcom)

Salah satu penumpang, Nia Rachmawati, mengatakan ingin menaiki TransJakarta karena menghindari aturan ganjil-genap. Sebab, kendaraan yang dia miliki berpelat nomor ganjil.

"Karena nyaman dan mobil aku pelatnya ganjil," kata Nia saat ditemui di lokasi, Selasa (4/8/2020).

Nia setuju dengan aturan ganjil-genap. Menurutnya, kebijakan tersebut dapat mengurangi kepadatan, khususnya di DKI Jakarta.

"Saya sih setuju, karena kemarin aku ngerasain sendiri. Nggak terjadi kepadatan gitu, Mas," tuturnya

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan ganjil-genap untuk mobil pada Senin (3/8). Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, PT Transjakarta (TransJ) akan menambah armada sebanyak 25%.

"Belajar dari data Asian Games ketika terjadi lonjakan penumpang sekitar 11%, dan dengan penerapan batasan maksimum 50% dari kapasitas angkut, kami antisipasi dengan penambahan armada sebesar 25% dari apa yang dioperasikan bulan Juli lalu," ujar Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/8)

(isa/isa)