Kabar Baik! Ibu Positif COVID-19 Sukses Lahiran, Bayi Dinyatakan Negatif

Hasrul Nawir - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 19:28 WIB
Seorang ibu hamil yang positif Corona sukses menjalani operasi sesar, banyinya pun dinyatakan negatif Corona (dok. Istimewa)
Seorang ibu hamil yang positif Corona sukses menjalani operasi sesar, bayinya pun dinyatakan negatif Corona. (Foto: Istimewa)
Parepare -

Seorang ibu hamil yang terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) sukses menjalani operasi sesar di RSU Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabar baik lainnya, bayi yang dilahirkan dinyatakan negatif Corona.

"Ibu hamil yang positif COVID-19 tersebut merupakan warga Masamba hendak dirujuk ke Makassar. Namun, karena dikhawatirkan akan membahayakan ibu dan bayi yang dikandungnya, berdasarkan komunikasi antara bidan pengantar dan dokter, maka yang bersangkutan akhirnya langsung ditangani di RS dengan operasi sesar," urai Wakil Direktur bidang Pelayanan RSU Andi Makkasau, Ibrahim Kasim, kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Operasi sesar dilakukan pada Jumat (31/7) itu berjalan lancar. Bayi tersebut terkonfirmasi negatif COVID-19.

Seorang ibu hamil yang positif Corona sukses menjalani operasi sesar, banyinya pun dinyatakan negatif Corona (dok. Istimewa)Bayi langsung ditempatkan di NICU. (Foto: Istimewa)

"Alhamdulillah, operasi yang dilakukan saat magrib berjalan normal dan keduanya (ibu dan bayi) stabil, karena sang ibu positif COVID-19 maka dirawat di kamar isolasi sementara bayinya yang negatif (COVID-19) dirawat di ruang NICU," beber dokter spesialis bedah tersebut.

Operasi sesar itu dipimpin dokter spesialis Kebidanan dan kandungan RSU Andi Makkasau, Nurhamidar Aslan. Nurhamidar mengatakan pihaknya sempat cemas dan waswas dalam menangani operasi sesar tersebut.

"Bidan yang mengantar telepon dokter di Palopo, dokternya menelepon ke saya, dan saya izin ke direktur, disiapkan segera operasi sesar. Persiapannya cuma sejam operasi sudah dilakukan, ada perasaan waswas campur sedih dan bahagia saat keduanya bisa selamat," ujar Nurhamidar.

Tonton video 'Per 3 Agustus Kasus COVID-19 di RI 113.134, Ini Sebarannya':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)