Dukung Gibran di Solo, Gerindra Bicara Faktor Hubungan Prabowo-Jokowi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 15:56 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta -

Partai Gerindra akan memberikan rekomendasi kepada pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan alasan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memberikan rekomendasi itu.

"Pertama kursi kita di Solo 3 kursi sehingga kita harus menggunakan 3 kursi itu untuk segera mencalonkan," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kantor DPP Partai Gerindra, Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut, menurut Muzani, hubungan antara Prabowo sebagai Menteri Pertahanan di pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menjadi salah satu faktor penentu keputusan itu.

"Kemudian kedua, sepertinya di sana calon tunggal. Kemudian kedua tentu saja Pak Prabowo adalah Menteri Pertahanan yang merupakan menteri dari Pak Jokowi. Jadi saya kira hubungan-hubungan itu juga menjadi alasan kita mengambil keputusan itu," ucap Muzani.

Partai Gerindra akan menyerahkan rekomendasi kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Rekomendasi itu akan diserahkan hari ini.

"Iya (bersamaan dengan daerah lain). Totalnya 10 daerah," ujar Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (3/7/2020).

Meski begitu, Sriyanto tidak mengungkapkan detail jadwal acara tersebut. Namun lokasi penyerahannya yakni di kantor DPD Gerindra Jateng di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Untuk diketahui, Gibran dan Teguh sebelumnya sudah resmi mendapat rekomendasi dari partainya yaitu PDI Perjuangan pada Jumat, 17 Juli 2020. Sedangkan partai selain Gerindra yang sudah menyatakan menyatakan dukungannya secara lisan yaitu PAN, Golkar, PSI, dan Demokrat.

Tonton video 'Jemput 'Restu' Gerindra di Pilkada Solo, Gibran Bertolak ke Semarang':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)