Jokowi Minta Istri Mendagri dan PKK Terjun Kampanye Masker Door to Door

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 10:25 WIB
Calon tunggal Kapolri Tito Karnavian saat didampingi istrinya Tri Suswati. Grandyos Zafna/detikcom.
Mendagri Tito Karnavian dan istrinya, Tri Suswati (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin dalam 2 minggu ke depan pemerintah menggalakkan kampanye penggunaan masker demi mencegah virus Corona baru. Jokowi meminta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi ujung tombak kampanye itu.

"Saya ingin ini melibatkan PKK. Kita coba PKK. Ini istri Mendagri (Menteri Dalam Negeri) ini yang nanti.... Saya nggak tahu tapi kalau Ibu-ibu nanti khawatir mengenai masalah COVID ya mungkin kita rem, tapi kalau ibu-ibu siap," ujar Jokowi mengawali arahannya dalam rapat terbatas itu seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/8/2020).

"Saya kira PKK ini juga sangat efektif untuk door to door urusan masker," imbuhnya.

Istri Mendagri Tito Karnavian, yaitu Tri Suswati, merupakan Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK 2019-2024. Dia menggantikan Erni Guntarti, yang merupakan istri Mendagri sebelumnya, yaitu Tjahjo Kumolo.

Arahan Jokowi untuk menggaungkan kampanye pemakaian masker itu berkaitan dengan kondisi di masyarakat yang dilihatnya akhir-akhir ini. Jokowi menyebutkan masyarakat semakin khawatir terhadap kondisi COVID-19.

"Urusan perubahan perilaku ini betul-betul harus kita lakukan dengan komunikasi mungkin di TV dan di medsos dan lain-lain secara masif dalam 2 minggu ini, dengan cara-cara yang berbeda," ucap Jokowi.

Jokowi Ingin Libatkan Ibu-ibu PKK Kampanye Protokol Kesehatan:

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/fjp)