Daging Kurban Jokowi di Lebong Bengkulu Akan Diberikan ke 600 KK

Hery Supandi - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 17:20 WIB
Harga Sapi Kurban di Jombang Naik, Penjualan Anjlok
Ilustrasi sapi kurban (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Bengkulu -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi untuk dikurbankan di Kabupaten Lebong, Bengkulu, pada Idul Adha 1441 Hijriah. Sebanyak 600 keluarga sudah terdaftar sebagai menerima daging kurban di Masjid Al-Jihad Muhammadiyah.

"Panitia sudah menyusun daftar penerima daging kurban dari Pak Jokowi. Datanya sekitar 600 KK, tapi mungkin masih terus bertambah," kata Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lebong Deltano melalui sambungan telepon, Jumat (31/7/2020).

Deltano mengatakan penerima daging kurban dari orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut akan dikonsentrasikan di Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Bengkulu.

"Kita mendahulukan warga yang tinggal di sekitar masjid, kaum duafa, dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan," jelas Deltano.

Pemotongan sapi jenis Simental dengan bobot sekitar 847 kilogram tersebut akan dilakukan Sabtu (1/8) pagi di halaman Masjid Al-Jihad Muhammadiyah, Kabupaten Lebong. Deltano menjelaskan panitia memutuskan tidak melakukan penyembelihan hari ini karena pertimbangan waktu yang terlalu mepet dengan pelaksanaan salat Jumat.

"Panitia mau jumatan dan segala macam, jadi agak repot kalau disembelih hari ini. Makanya kita putuskan besok pagi saja," kata Deltano.

Deltano menambahkan nantinya daging kurban sapi Presiden Jokowi itu akan dibagikan langsung ke rumah-rumah warga yang telah ditetapkan sebagai penerima. Cara ini diambil untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah kerumunan massa yang berpotensi menularkan virus Corona (COVID-19).

"Sapi itu sekarang dalam keadaan sehat karena juga ada dokter hewan yang ditunjuk untuk selalu memantau perkembangan kesehatan sapi itu," tutup Deltano.

Tonton video 'Kementan Pastikan Hewan Kurban Cukup dan Sehat untuk Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)