Jumlah Kurban di Masjid Istiqlal Menurun, Pemotongan Dilakukan Besok

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 13:36 WIB
Teknologi Smart Lighting Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal (Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal baru akan memotong hewan kurban besok. Seperti Idul Adha sebelumnya, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban dari sejumlah pejabat negara, termasuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pemotongan besok tanggal 1 Agustus dimulai pukul 8 pagi," kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi Jumat (31/7/2020)

Abu menyebut hingga pukul 11.30 WIB sudah ada 21 sapi dan 15 kambing di Masjid Istiqlal. Menurutnya, jumlah hewan kurban sapi tahun ini mengalami penurunan.

"Menurun. Kira-kira 10-20 persenlah. Sementara sampai detik ini sapi 21, kambing 15," kata Abu.

Selain itu, Abu mengatakan sapi yang diberikan Presiden Jokowi tiba di Istiqlal kemarin. Dia mengatakan sapi itu adalah peranakan Ongole (PO) yang memiliki berat lebih dari 1 ton.

"Jenisnya PO, peranakan Ongole. Untuk punya Pak Presiden 1 ton lebih ya," ujar Abu.

Selain sapi dari Presiden Jokowi, Abu menyebut ada sapi dari pejabat lainnya yang diberikan ke Masjid Istiqlal. Beberapa di antaranya dari Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Kapolri Idham Aziz, serta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi, selain dari Presiden, dari Wakil Presiden ada tentunya, Menteri Agama pasti, ada Mensesneg, ada Menhub, MenPAN, ada Kapolri, ada Ibu Megawati, ya begitulah. Ada juga ini bukan pejabat, ada pengusaha, atau dari perusahaan, ada yang dari pribadi juga ada," ungkap Abu.

Selanjutnya
Halaman
1 2