Kadishub DKI: Ganjil-Genap Langsung Diterapkan 3 Agustus Tanpa Uji Coba

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 10:58 WIB
Himbauan bekerja dari rumah untuk meminimalisir persebaran virus corona berdampak pada arus lalu lintas yang lebih sedikit. Seperti terlihat di Jalan Sudirman, Jakarta.
Ilustrasi lalu lintas di Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan akan kembali memberlakukan aturan ganjil-genap. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan ganjil-genap langsung diterapkan tanpa uji coba.

"Tidak lagi uji coba dan akan langsung beroperasi hari Senin (3/8/2020)," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2020).

Syafrin mengatakan jam operasional angkutan umum akan kembali normal saat pemberlakuan ganjil-genap.

"Untuk operasional, sesuai pengaturan kami, angkutan umum sudah normal. Apakah itu TransJakarta, MRT, maupun LRT, seluruhnya sudah kita kembalikan normal," ujar Syafrin.

Syafrin menyebut tetap akan mengevaluasi pelaksanaan ganjil-genap di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif ganjil-genap menekan aktivitas warga yang kurang perlu.

"Tentu setelah hari Senin implementasikan sistem ganjil-genap, kami juga melakukan evaluasi secara terus-menerus. Dalam titik-titik tertentu hasil evaluasi ini akan kami laporkan ke Gubernur," ungkap Syafrin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan akan kembali memberlakukan aturan ganjil-genap mulai Senin (3/8) meski masih dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Alasannya untuk membatasi pergerakan kendaraan di Jakarta, khususnya mobil.

"Jadi begini, dari hasil evaluasi di beberapa titik pemantauan, jumlah volume lalu lintas sudah melampaui kondisi normal sebelum COVID-19, sementara saat ini kita masih melaksanakan PSBB masa transisi. Yang seyogianya di PSBB masa transisi itu ada pengaturan, pertama ada pengaturan prinsip work from home. Kemudian pembagian shift kerja, dalam rentang waktu tertentu," ujar Kadishub DKI Syafrin saat dihubungi, Kamis (30/7/2020).

(elz/ear)