Gelar Salat Idul Adha, Begini Suasana Masjid di Timika Papua

Saiman - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 08:24 WIB
Suasana salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Timika (Foto: Saiman/detikcom)
Suasana salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Timika (Saiman/detikcom)
Mimika -

Masjid di Timika, Mimika, Papua, hari ini menggelar salat Idul Adha. Masjid Al-Akbar di kawasan Jalan Hasanuddin salah satunya.

Pantauan detikcom, Jumat (31/7/2020), warga berbondong-bondong datang ke masjid. Tak berapa lama, masjid pun dipenuhi jemaah.

Terlihat sejumlah warga yang membawa sajadah masing-masing. Namun tak sedikit pula yang tidak membawa peralatan salat pribadi.

Jaga jarak antarjemaah tak terlihat diterapkan. Sejumlah jemaah tampak mengenakan masker, tapi banyak pula warga yang tak memakainya.

Suasana salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Timika (Foto: Saiman/detikcom)Suasana salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Timika (Saiman/detikcom)

Jemaah tampak khusyuk melaksanakan salat Idul Adha. Mereka juga dengan saksama mendengarkan khotbah salat yang disampaikan sang khatib.

"Mari kita mencontoh keluarga Nabi Ibrahim, keluarga yang dermawan, ikhlas karena Allah. Semoga keluarga kita diridai Allah, punya anak-anak saleh-salehah, dan mendapat rida Allah," ujar Ustaz Andi Eteng, yang menjadi khatib.

Khotib juga mengajak agar pada Hari Raya Idul Adha ini kembali meningkatkan ukhuwah islamiyah dan untuk saling memaafkan. Selain itu, warga juga diingatkan agar tidak berhaji hanya untuk memamerkan kekayaan.

"Dia bisa jadi miskin tapi anak-anaknya soleh. Saya berharap jangan lagi ada ungkapan saya lebih kaya daripada dia, jangan selalu ingin dipuji-puji orang, jangan sampai haji hanya menjadi gelar untuk kesombongan," katanya.

Usai khotbah, jemaah berjabat tangan. Setelah itu, warga pun meninggalkan masjid.

Tonton video 'Suasana Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar Jaksel':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)