Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia, Ini Pernyataan Lengkap dari Kabareskrim

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 00:38 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo konferensi pers penangkapan Djoko Tjandra di kantor Bareskrim, Jakarta.
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Yogi/detikcom)

Jadi saya akan ulangi, jadi alhamdulillah bahwa baru saja kami dengan tim mendarat di Halim untuk melakukan penangkapan terhadap narapidana atau buron Djoko Tjandra.

Sebagaimana rekan-rekan ketahui, bahwa beberapa minggu ini situasi di Indonesia khususnya terkait dengan masalah penegakan hukum dihebohkan dengan peristiwa Djoko Tjandra ini sehingga Bapak Presiden memerintahkan kepada Kapolri untuk segera mencari dan menangkap saudara Djoko Tjandra di mana pun berada dan menuntaskan kasus yang terjadi selama bersangkutan masuk.

Atas perintah Bapak Kapolri, kemudian membentuk tim dipimpin oleh saya selaku Kabareskrim, Kadiv Propram, rekan-rekan dari Kabareskrim untuk kemudian menindaklanjuti perintah tersebut. Maka kemudian kami mencari informasi tentang keberadaan Djoko Tjandra dan kita dapatkan info bahwa yang bersangkutan berada di Malaysia, di Kuala Lumpur.

Oleh karena itu kemudian Bapak Kapolri menindaklanjuti dengan melaksanakan proses police to police dan hal ini memang sudah biasa kita lakukan khususnya dengan rekan-rekan Kepolisian BDRM.

Komunikasi intens terus kita lakukan untuk mendeteksi dan alhamdulillah hari ini kami mendapatkan kepastian bahwa yang bersangkutan berada di Kuala Lumpur di suatu tempat dan kemudian kami bersama tim segera berangkat ke Kuala Lumpur.

Alhamdulillah, seluruh proses kegiatan penangkapan berjalan dengan lancar proses police to police berjalan dengan lancar dan alhamdulillah saudara Djoko Tjandra bisa kita bawa kembali melalui jalur penerbangan via Halim.

Tentunya ini juga menjawab pertanyaan publik tentang apa yang terjadi selama ini dan ini adalah komitmen dari kami kepolisian untuk bisa untuk terus kemudian melanjutkan proses. Terkait penyelidikan dan penyidikan terhadap peristiwa yang terjadi tentunya kami tetap akan transparan, objektif untuk menjaga marwah dan institusi Polri.

Sedangkan proses untuk saudara Djoko Tjandra sendiri di Kejaksaan yang tentunya akan ditindaklanjuti, namun dengan demikian di kepolisian kami juga proses hukum sendiri lagi. Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan kepolisian di Raja Malaysia, Datuk Hingga, Datuk Hamid yang telah membantu proses kegiatan penangkapan dari Djoko Tjandra sehingga bisa kita bawa kembali ke Tanah Air.

Selanjutnya kita akan terus melaksanakan proses penyelidikan dan penyidikan secara tuntas untuk bisa kita pertanggungjawabkan kepada publik, kepada masyarakat. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan.

Halaman

(eva/eva)