Gereja di DKI Jadi Klaster Corona, PGI: Lebih Baik Ibadah dari Rumah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 06:19 WIB
Ketua PGI Gomar Gultom
Foto: Ketua PGI Gomar Gultom (dok. Istimewa)

Lebih lanjut, Gomar mengatakan sebagian gereja telah matuhi pedoman yang diberikan. Namun masih ada pula yang tidak menaati protokol kesehatan itu. Dengan demikian, Gomar meminta agar ibadah dilakukan dari rumah.

"Sebagian gereja mematuhinya, akan tetapi sayangnya beberapa gereja sudah menyelenggarakan ibadah karena menganggap keadaan sudah aman. Menurut PGI, keadaan sekarang belum aman untuk berkerukum sekalipun itu hanya untuk ibadah di rumah," tandasnya.

Sebelumnya, tim pakar Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, mengungkapkan ada klaster baru penyebaran Corona (COVID-19) di DKI Jakarta, yaitu klaster rumah ibadah. Dewi mengatakan positivity rate di klaster ini beragam.

"Rumah ibadah ini juga salah satu halnya, di sini ada beberapa kegiatan sebenarnya, karena mau nggak mau kan tadi sudah mulai beraktivitas nih, tadi ada kita menemukan ternyata di DKI Jakarta ada 9 klaster dengan total 114 kasus," ujar Dwi dalam diskusi yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Rabu (29/7/2020).

Dari data yang ditampilkan Dewi, terlihat klaster rumah ibadah diantaranya ada di gereja, masjid, asrama pendeta, pesantren, dan juga di acara tahlilan. Gereja ada 3 klaster dengan 29 kasus, masjid 3 klaster dengan 11 kasus, lalu asrama pendeta 1 klaster dengan 41 kasus, pesantren 1 klaster dengan 4 kasus, serta tahlilan 1 klaster dengan 29 kasus.

Halaman

(lir/zak)