Hari Bakti Ke-73 TNI AU, KSAU Bicara Semangat Pengorbanan Saat COVID-19

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 19:30 WIB
Pucuk pimpinan TNI AL dan TNI AU resmi berganti. Yudo Margono dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).
KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo (Hafidz Mubarak A/Antara Foto)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo, memimpin upacara peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU. Fadjar berpesan kepada prajurit TNI AU agar memiliki semangat kerelaan untuk berkorban demi meringankan beban rakyat, khususnya saat pandemi COVID-19.

Upacara peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU itu digelar di lapangan upacara Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/7/2020). Fadjar meminta prajurit TNI AU saling berempati dan bahu-membahu dalam situasi yang krisis ini.

"Meskipun sederhana namun peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU sarat akan makna pengorbanan dan perjuangan prajurit TNI AU dalam berbagai misi kemanusiaan membantu pemerintah dalam penjemputan dan pendistribusian alat kesehatan serta kebutuhan logistik ke seluruh penjuru Indonesia," kata Fadjar dalam keterangan tertulis dari TNI AU.

Fadjar mengatakan TNI AU juga telah menyiapkan rumah sakit dan menugasi tenaga medis untuk menangani pandemi COVID-19. Selain itu, prajurit TNI AU dikerahkan untuk mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat.

"Saya mengingatkan bahwa perjuangan kita belum usai, bahaya COVID-19 masih berada di sekitar kita. Teruslah bersabar, bersemangat, berjuang dengan tulus dan ikhlas dalam mengatasi pandemi ini demi bangsa Indonesia," ujar Fadjar.

Peringatan Hari Bakti TNI AU tahun ini mengusung tema 'Dengan Nilai-nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI Angkatan Udara Berkomitmen untuk Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju'. Peringatan tahun ini relatif sederhana dan tidak ada rangkaian kegiatan napak tilas sejarah hingga ziarah di Monumen Ngoto.

(knv/imk)