Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Serta Keutamaannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 13:24 WIB
ilustrasi pasangan puasa
Foto: iStock/Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Serta Keutamaannya
Jakarta -

Dalam hadistnya, Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan umatnya untuk jangan sampai melewatkan bulan Dzulhijjah. Allah SWT menjanjikan keutamaan bulan Dzulhijjah bagi hamba-Nya yang tak segan beribadah.

Berikut hadits yang menyatakan keutamaan bulan Dzulhijjah

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ شَهْرَا عِيدٍ لاَ يَنْقُصَانِ رَمَضَانُ وَذُو الْحِجَّةِ ‏"

Artinya: Abdurrahman bin Abi Bakrah menarasikan dari ayahnya, Rasulullah SAW mengatakan, "Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak pernah berkurang saat hari Id. Keduanya adalah Ramadhan dan Dzulhijjah." (HR At-Tirmidzi).

Berbagai jenis ibadah bisa dilaksanakan para muslim demi mendapatkan keutamaan bulan Dzulhijjah. Salah satunya adalah puasa sebelum Idul Adha atau yang biasa disebut Lebaran Haji.

Sejak hari pertama Dzulhijjah, sebetulnya tersedia 9 hari puasa sunnah sebelum perayaan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1441 H. Dengan Idul Adha yang makin dekat pada 31 Juli 2020, maka tersedia dua hari sebelum saatnya merayakan Lebaran Haji.

Puasa dua hari tersebut adalah tarwiyah pada 8 Dzulhijjah 1441 H atau Rabu (29/7/2020) dan arafah di 9 Dzulhijjah 1441 H atau Kamis (30/7/2020). Berikut niat puasa Idul Adha hari pertama dan kedua, yang dilaksanakan sebelum hari raya umat Islam tersebut.

1. Puasa tarwiyah

Ibadah puasa tarwiyah menjadi salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan sebelum Idul Adha. Berikut niat puasa Idul Adha hari pertama dan kedua, untuk puasa tarwiyah

نوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala."

2. Puasa arafah

Bagi yang ingin lebih dekat dengan Allah SWT dan mengharapkan pengampunanNya, bisa melakukan puasa arafah pada 9 Dzulhijjah 1441 H atau Kamis (30/7/2020). Ini niat puasa idul adha hari pertama dan kedua, untuk puasa arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa Arafah karena Allah ta'ala."

(row/erd)