Munarman Ngaku Sudah Tahu Massa yang Coba Bakar Poster Habib Rizieq

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 12:59 WIB
Munarman saat menghadiri aksi damai 2 Desember di Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016).
Foto: Munarman (Hasan Al Habshy/detikcom).
Jakarta -

Sekum FPI, Munarman, menyebut telah mengetahui masa demonstrasi yang merusak dan mencoba membakar poster Habib Rizieq Syihab. Aksi tersebut terjadi pada 27 Juli 2020 di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto.

"Ya mereka memang agen-agen provokator sampah masyarakat. Mereka tikus-tikus yang cari makan dari menyerang Islam, ajaran Islam dan tokoh ulama," ujar Munarman saat dihubungi, Rabu (29/7/2020).

"Kami sudah tahu siapa mereka, di mana rumah mereka di mana tempat sembunyi mereka dan siapa yang melindungi mereka," ujarnya.

Dia menyebut masa yang merusak poster Habib Rizieq sebagai hama tikus. "Tikus sebagai hama memang harus dimusnahkan," kata Munarman.

Sebelumnya, video massa yang hendak membakar spanduk bergambar Habib Rizieq itu beredar luas di media sosial. Sejumlah orang tampak memegang spanduk tersebut dan seorang di antaranya menumpahkan bensin. Api kemudian muncul tapi tak membakar seluruh bagian spanduk tersebut.

Akhirnya massa merusak dan merobek spanduk tersebut. Terdengar juga teriakan-teriakan massa yang kontra terhadap Habib Rizieq.

FPI, GNPF Ulama, dan PA 212 mengecam aksi perusakan dan percobaan pembakaran poster Habib Rizieq Syihab. Mereka akan melaporkan tindakan tersebut kepada pihak kepolisian.

"FPI, GNPF Ulama, dan PA 212 akan menempuh jalur Hukum dengan melaporkan peristiwa tersebut kepada kepolisian," demikian pernyataan tertulis bersama dari FPI, GNPF Ulama, dan PA 212 seperti dilihat, Selasa (28/7).

(aik/fjp)