Nyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Bongkar Prostitusi Bocah SMP di Batam

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 12:59 WIB
Ilustrasi tentang praktek bisnis prostitusi di Hotel Alexis
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Batam -

Polresta Barelang, Batam, Kepri menangkap dua pria dalam kasus eksploitasi seksual anak di bawah umur. Korban merupakan siswi SMP di Batam.

"Penangkapan dilakukan Polsek Batu Aji Batam. Kedua tersangka pria tersebut RS (19) dan ML (21) yang melakukan tindak pidana eksploitasi seksual terhadap korban seorang pelajar (SMP, red)," kata Kasubag Humas Polresta Barelang AKP Betty Novia kepada detikcom, Rabu (29/7/2020).

Betty menjelaskan kedua tersangka dijerat dengan UU Nomor 23 Tahun 2020 tentang perlindungan anak dengan ancaman 10 tahun penjara. Awalnya kasus ini bermula adanya infotmasi terkait eksploitasi seksual anak di bawah umur.

"Tim melakukan penyamaran untuk memasan lewat dua orang tersangka di Batam. Dari komunikasi disepakati biaya sekali kencan Rp500 ribu per orang," kata Betty.

Saat itu, sambung Betty, tim dalam penyamaran memasan dua anak di bawah umur. Namun yang ada hanya satu orang yang disediakan kedua tersangka. "Pelaku menawarkan perempuan lain berusia 21 tahun," kata Betty.

Setelah disepakati, kata Betty, keduanya menjanjikan di salah satu wisma. Tim menyerahkan uang short time kepada pelaku sebesar Rp 1 juta. Ketika itu tim langsung melakukan penangkapan kepada kedua tersangka.

"Pengakuan korban dia sudah 20 kali melakukan tindak pidana tersebut dengan perantara kedua tersangka RS dan ML," tutup Betty.

(cha/tor)