Hari Ini, 10.000 Jamaah Haji Jalani Hari Tarwiyah di Mina

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 11:23 WIB
Berbeda dari hari sebelumnya, Mina pada 12 Zulhijah 1440 H petang sudah ditinggal sebagian jemaah haji. Suasana lengang begitu terasa.
Foto: Ardhi Suryadhi/Ilustrasi Hari Ini, 10.000 Jamaah Haji Jalani Hari Tarwiyah di Mina
Jakarta -

Sebanyak 10.000 jamaah haji hari ini, Rabu (29/7/2020) berkumpul di Mina untuk menjalani hari Tarwiyah. Ritual ini merupakan awal perjalanan dari ibadah haji.

Dikutip dari Arab News, Hari Tarwiyah dijalani para jamaah dengan mengambil air sebagai pelepas dahaga. Kemudian, mereka akan melaksanakan ibadah sholat wajib hingga bermalam di sana untuk keesokan harinya berangkat ke Arafah.

Mina sendiri berada di 7 km arah Timur laut dari Masjidil Haram di Mekkah. Lokasi ini identik dengan tenda-tenda berwarna putih gading yang menjadi tempat penampungan jamaah haji setiap tahunnya.

Tenda-tenda di Mina diketahui bisa menampung hingga 2,5 juta jamaah haji. Namun, tahun ini ritual haji dilakukan secara terbatas dengan 1.000 jamaah saja karena adanya pandemi virus corona.

Setiap jamaah haji tahun ini harus menjalani isolasi mandiri sebelum dan sesudah haji. Bahkan, otoritas setempat telah menyediakan klinik keliling dan ambulan untuk menjaga kesehatan para jamaah.

Para jamaah juga diberikan tas perlengkapan berisi batu kerikil yang telah disterilkan untuk dilemparkan pada ibadah jumrah. Lalu ada juga masker, sajadah, kain ihram untuk digunakan para jamaah.

"Tidak ada kekhawatiran terkait keamanan dalam ibadah haji ini. Tetapi, langkah-langkah yang dilakukan sekarang demi melindungi peziarah dari pandemi virus corona," ungkap Direktur Keamanan Publik Arab Saudi Khalid bin Qarar Al Harbi.

Setelah menjalani ibadah di Mina, para jamaah selanjutnya akan pergi ke Arafah sebagai puncak ibadah haji untuk mendengarkan khotbah. Kemudian, mereka pergi Muzdalifah untuk bermalam hingga kembali lagi ke Mina untuk melaksanakan lempar Jumrah.

(pay/erd)