Curi 2 Ton Ikan di Laut Natuna Utara, Kapal Vietnam Ditangkap

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 10:13 WIB
Untuk kesekian kalinya kapal ikan asing (KIA) Vietnam melakukan illegal fishing di Perairan Natuna. 4 Kapal ilegal itu berhasil ditangkap oleh Bakamla RI.
ilustrasi kapal asing (Foto: Pool)
Natuna -

Dengan menggunakan KN Pulau Dana, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menangkap kapal ikan asing (KIA) Vietnam yang dicurigai melakukan aktivitas pencurian ikan di wilayah laut Natuna Utara. Diketahui, terdapat sekitar 2 ton ikan yang berada di kapal Vietnam itu.

"@kn.pulaudana_323 Bakamla RI berhasil menangkap kapal ikan asing asal Vietnam yang dicurigai melakukan pencurian ikan di wilayah Laut Natuna Utara. Dari pemeriksaan awal saat ditangkap, diketahui terdapat kurang lebih 2 ton ikan di dalam KIA tersebut,' tulis Bakamla RI dalam akun Instagram @bakamla_RI seperti yang dilihat detikcom, Rabu (29/7/2020).

Peristiwa itu terjadi pada Senin (27/7) lalu. Bakamla RI juga mengunggah video detik-detik penangkapan KIA Vietnam. Dalam video itu, terlihat KIA Vietnam itu berwarna hijau.

Mulanya, Bakamla RI mencoba menghentikan laju KIA Vietnam dengan menggunakan water canon. Namun KIA Vietnam tidak korperatif dan tetap melaju. KIA Vietnam juga membakar ban di bagian haluan dan buritan.

Dengan menggunakan perahu karet, Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Bakamla RI mengejar KIA Vietnam. Personil VBSS terlihat menggunakan seragam anti peluru dan helm.

"Tim VBSS mewaspadai, mewaspadai, mereka menggunakan senjata," kata seseorang anggota Bakamla RI.

Perahu tim VBSS berputar-putar mengelilingi KIA Vietnam. Pasukan VBSS pun berhasil menghentikan laju KIA Vietnam.

Sejumlah personil menaiki kapal KIA Vietnam dan mengamankan para anak buah kapal (ABK). Pihak Bakamla RI masih melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.

View this post on Instagram

@kn.pulaudana_323 Bakamla RI berhasil menangkap kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang dicurigai melakukan pencurian ikan di wilayah Laut Natuna Utara. Dari pemeriksaan awal saat ditangkap, diketahui terdapat kurang lebih 2 ton ikan di dalam KIA tersebut. Masih berusaha kabur dan tidak kooperatif, KIA membakar ban di bagian haluan dan buritan. Terlihat dari asap hitam yang mengebul di udara. Tidak hanya itu, KIA juga melakukan manuver yang membahayakan kapal lain di area tersebut. Terakhir, KIA berusaha menabrakkan diri ke KN. Pulau Dana - 323. Usaha penghentian KIA berhasil dilakukan. Hingga berita ini diturunkan, KIA masih dalam proses lebih lanjut di Selat Lampa - Natuna. #BakamlaRI #HumasBakamlaRI #BadanKeamananLaut #SayaBakamla #IndonesianCoastGuard #ImIndonesianCoastGuard #Indonesian #CoastGuard #LawanCOVID-19 #IMIC

A post shared by Bakamla RI (@bakamla_ri) on Jul 26, 2020 at 7:01pm PDT

(isa/fjp)