Haji 2020, Arab Saudi Bagikan Air Zam-zam dalam Botol Kemasan untuk Jamaah

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 11:12 WIB
Air Zam Zam Kemasan
Foto: istimewa/Haji 2020, Arab Saudi Bagikan Air Zam-zam dalam Botol Kemasan untuk Jamaah
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah Arab Saudi tetap menggelar ibadah haji 2020 dengan jumlah jamaah terbatas. Semua tahapan ibadah haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus Corona atau COVID-19.

Di antara protokol kesehatan yang harus dipenuhi jamaah antara lain: menjaga jarak, membawa alas sholat sendiri dan tidak mencium hajar aswad. Air zam zam yang biasa disediakan dalam wadah galon di sudut-sudut tempat sholat kini ditiadakan.

air zam-zamWadah air zam-zam Foto: istimewa

Sebagai gantinya jamaah haji 2020 akan mendapatkan air zam-zam dalam botol kemasan. Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci Dr Abdul Rahman Al Sudais mengatakan langkah ini dilakukan guna menjaga kesehatan para jamaah haji. Sebab, saat ini pandemi COVID-19 tengah mewabah di dunia.

Dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), air zam-zam akan dibagikan dalam bentuk botol tertutup. Botol juga telah disterilkan dan hanya boleh digunakan satu kali.

Selain itu, pihak berwenang mengatakan pembagian air zam-zam dalam kemasan juga sebagai bentuk kampanye 'Kami Bangga Melayani Para Jamaah dan Pengunjung'.

Sementara itu, haji tahun ini akan dilaksanakan pada 29 Juli mendatang. Semua jamaah diwajibkan untuk mentaati protokol kesehatan COVID-19 seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.

Para jamaah juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota berjumlah 20 orang. Mereka akan menggunakan ruangan dan kendaraan yang sama selama pelaksanaan haji 2020.

(pay/erd)