Kapolrestabes Makassar: 300 Personel Amankan Pengosongan Mattoanging

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 08:29 WIB
Personel TNI, Polri, dan Satpol PP menggelar apel persiapan pengosongan Mattoanging (Hermawan-detikcom).
Foto: Personel TNI, Polri, dan Satpol PP menggelar apel persiapan pengosongan Mattoanging (Hermawan-detikcom).
Makassar -

Sebanyak 300 personel polisi akan membantu pengamanan pengosongan Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging, Makassar. Jumlah itu merupakan gabungan personel Polrestabes Makassar dan Polda Sulawesi Selatan.

"Jadi itu kita memang di bawah kendali Polda, pasukannya ada 300, yaitu 100 dari Polrestabes, 100 dari Sabhara Polda, dan 100 dari Brimob," ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono kepada detikcom, Selasa (28/7/2020).

Yudhiawan mengatakan, upaya pengosongan tersebut ialah langkah penertiban Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS), yang sebelumnya mengelola Mattoanging.

"Mereka mau mengamankan atau mengosongkan wilayah Mattoanging yang memang sudah menjadi kesepakatan kemarin, penyerahan yaitu merupakan aset Pemprov yang sudah disepakati bersama," ucap Yudhiawan.

Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).Foto: Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).

Lebih lanjut Yudhiawan mengungkapkan, pengosongan Mattoanging hari ini karena YOSS masih enggan meninggalkan kantornya di Mattoanging.

"Jadi mereka akan mengosongkan. Tapi sampai sekarang dalam rangka pengosongan itu masih ada yang belum mau mengosongkan, makanya akan dilakukan upaya penertiban," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani mengirim surat ke Polda Sulsel meminta bantuan pengamanan proses pengosongan Stadion Mattoanging.

"Ini hari persuratan ke Kapolda, sudah saya antar surat. Besok -hari ini- lakukan langkah-langkah (penertiban) itu kemudian kita mencoba melakukan sesuai standar SOP, sesuai aturan yang ada," kata Abdul Hayat kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel pada Senin (27/7) kemarin.

Pagi ini personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP sudah bersiap di Rujab Gubernur Sulsel untuk mengamankan pengosongan Mattoanging.

Tonton video 'Batu-Busur Melayang Saat Pol PP Lakukan Penertiban di Mattoanging':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/zap)