Ini Penjelasan PN Jaksel soal Kesimpulan Hakim di Sidang PK Djoko Tjandra

Zunita Putri - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 20:52 WIB
Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang peninjauan kembali (PK) Djoko Tjandra, Senin (27/7/2020). Sidang tanpa dihadiri Djoko Tjandra.
Sidang PK Djoko Tjandra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pejabat humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Suharno, memberikan penjelasan terkait kesimpulan majelis hakim PN Jaksel di sidang peninjauan kembali (PK) Djoko Tjandra. PN Jaksel menegaskan pihaknya hanya memberi pendapat dalam PK yang bersifat rahasia.

"Perlu kami luruskan di sini. Untuk majelis hakim PK di pengadilan negeri sini itu tidak memutus. Dia hanya memberikan suatu pendapat dan pendapat tersebut sifatnya rahasia. Dan itu akan ditindaklanjuti nantinya sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujar Suharno ketika ditemui di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Senin (27/7/2020).

Suharno mengatakan setelah majelis hakim menyampaikan pendapat tertulis. Setelah itu, pendapat tersebut akan disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN). Nantinya Ketua PN yang akan memutuskan.

"Setelah berkas itu, pendapatnya nanti kalau sudah selesai baru dimenutasi ke bagian pidana. Sesudah dari pidana baru dinaikkan kepada panitera ketua. Di sana nanti tunggu dari keputusan ketua itu, ketua pengadilan," jelasnya.

"Kalau untuk proses setelah selesai sidang secepatnya. Karena di dalam ketentuan itu adalah segera," imbuhnya.

Suharno tidak menjelaskan rinci apakah hakim PK Djoko Tjandra akan melanjutkan perkara ini ke MA atau tidak. Dia menyebut tak ingin berandai-andai terkait pendapat hakim itu.

Menurutnya aturan PK itu berlaku sama. Tidak ada yang dibeda-bedakan dalam kasus Djoko Tjandra.

"Kita tidak bisa berandai-andai kalau itu merupakan suatu pendapat nantinya, kita tunggu saja. Ini semua PK seperti ini acara seperti ini, nggak ada, cuma pendapat saja, pendapatnya rahasia," tutur Suharno.

Selanjutnya
Halaman
1 2