PT Jakarta Perberat Vonis Bandar 23 Kg Sabu Jadi Penjara Seumur Hidup

Andi Saputra - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 16:12 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Foto: Ilustrasi palu hakim (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta memperberat hukuman bandar 23 kg sabu kepada SS (34). Di tingkat pertama, ia hanya dihukum 20 tahun penjara. Oleh majelis tinggi, hukuman SS diperberat menjadi penjara seumur hidup.

Kasus bermula saat tim Polres Jakbar mengintai pergerakan SS. Setelah dikuntit, SS dibekuk saat mengambil paket narkoba di sebuah mobil yang diparkir di Pondok Indah Mal 2 pada 22 Oktober 2019 siang.

Dari dalam mobil ditemukan 24 bungkus narkoba. Setelah ditimbang, total mencapai 23 kg sabu. SS mau tidak mau harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di pengadilan.

Pada 28 April 2020, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan tuntutan penjara seumur hidup ke SS. Tapi pada 20 Mei 2020, PN Jakbar hanya menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan.

JPU tidak terima dan mengajukan banding. Apa kata PT Jakarta?

"Menyatakan Terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara tanpa hak dan melawan hukum menjadi perantara dalam menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman beratnya melebihi 5 (lima) gram. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Sendry Sopacua tersebut dengan pidana penjara selama seumur hidup," ujar majelis sebagaimana tertuang dalam putusan yang dilansir website MA, Senin (27/7/2020).

Duduk sebagai ketua majelis Artha Theresia dengan anggota Sujatmiko dan Pontas Efendi. Menurut majelis, terdakwa tidak peduli terhadap dampak mengerikan apabila sabu seberat 23 kg tersebut berhasil diedarkan di masyarakat. Khususnya terhadap generasi muda penerus bangsa, yang penting Terdakwa mendapatkan upah sejumlah Rp 20 juta untuk biaya menikah.

"Terdakwa mengetahui bahwa barang yang akan diantarkannya adalah sabu namun Terdakwa tidak melaporkannya kepada yang berwajib, padahal Terdakwa mengerti bahwa sabu adalah barang terlarang," ujar majelis dengan suara bulat.

(asp/gbr)