Doni Monardo: Kita Belum Tahu Kapan Puncak Corona Akan Tiba

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 15:34 WIB
Ketua Gugus Tugas Penanganan Wabah Corona Doni Monardo
Doni Monardo / Foto: Rakean R Natawigena / 20detik
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan perkembangan penyebaran virus Corona di daerah berbeda-beda. Dengan demikian, puncak kasus Corona di Indonesia belum dapat diprediksi.

Dalam jumpa pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Doni menjawab pertanyaan 'kenapa Indonesia belum mencapai puncak kasus Corona?'.

"Kenapa Indonesia belum sampai puncak? Sampai hari ini kita juga belum tahu kapan puncaknya akan tiba karena melihat perkembangan, ada daerah yang mengalami penurunan dan ada daerah yang alami peningkatan. Ini fluktuatif," kata Doni dalam jumpa pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/7/2020).

Doni lalu menegaskan bahwa COVID-19 adalah ancaman yang nyata. Dia beberapa kali bicara tentang bertapa bahayanya virus ini.

"Sekali lagi, seluruh komponen masyarakat harus sadar bahwa ini bukan konspirasi, ini bukan rekayasa," tegasnya.

Dalam rapat terbatas itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk melakukan sosialisasi merubah perilaku masyarakat untuk menekan kasus virus Corona (COVID-19). Pemerintah bakal melibatkan tokoh-tokoh di daerah.

"Kami telah melaporkan ke bapak presiden dan juga telah ditugaskan bapak presiden tentang prioritas perubahan perilaku melalui program sosialisasi dan komunikasi yang lebih efektif. Oleh karenanya, Satgas Penanganan COVID-19 ini akan meningkatkan kolaborasi pentahelix berbasis komunitas dengan menitikberatkan peran tokoh di daerah, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, termasuk pelibatan antropolog, sosiolog, dan juga psikolog yang diprioritaskan kepada 8 provinsi," kata Doni.

Tonton video 'Satgas Akui Belum Tahu Kapan Puncak Corona di RI':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/fjp)