BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis di Pulau Kalimantan

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 19:31 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Sebagai wujud komitmen mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di wilayah Kalimantan, khususnya Kota Balikpapan, BNI menyediakan 2.500 swab test gratis. Kota Balikpapan merupakan kota ke 10 untuk penyelenggaraan swab test gratis.

Langkah ini merupakan bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari virus Corona, #CovidSafeBUMN, dan salah satu rangkaian dari program 'BNI Berbagi' yang memberikan 30.000 swab test gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, pemberian swab test ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-74 BNI, yang jatuh pada 5 Juli 2020.

Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu (25/7/2020) kemarin di Halaman Parkir kantor Wali Kota Balikpapan. Hadir pada acara tersebut Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Dr Andi Sri Juliarty, Direktur RS Pertamina Balikpapan dr M.N Khairudin Sp.B., Dandim 0905 Balikpapan Kol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Wakapolres Balikpapan AKBP Sebpril Sesa, S.I.K, Head Of Region BNI Wilayah Banjarmasin Mahrauza Purnaditya, Pemimpin Cabang BNI Balikpapan Bintara serta koordinator satgas BUMN Balikpapan.

Saat peresmian kegiatan swab test gratis, Head Of Region BNI wilayah Banjarmasin Mahrauza Purnaditya mengatakan program ini adalah kelanjutan dari langkah BNI membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar COVID-19 di Balikpapan dan sekitarnya. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Balikpapan, BNI berkolaborasi dengan Pertamina Bina Medika IHC, dalam hal ini RS Pertamina Balikpapan melaksanakan uji swab test gratis bagi masyarakat, tenaga medis, gugus tugas, pegawai, rekanan dan nasabah BNI.

"Kegiatan ini tentunya diharapkan mencegah penyebaran dan memberikan pemetaan COVID-19 secara tepat sehingga kondisi bisa normal kembali".Semoga kita selalu diberikan Kesehatan, Mari kita "Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal," ujar Mahrauza dalam keterangan tertulis, Minggu (26/7/2020).

Dalam kesempatan itu, secara simbolis Mahrauza menyerahkan bantuan 500 swab test gratis untuk masyarakat Kota Balikpapan kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal yang juga ketua gugus tugas Balikpapan menyampaikan terima kasih atas kepedulian BNI dalam upaya penanganan COVID-19 di kota Balikpapan. Menurutnya swab test sebagai salah satu upaya mengetahui tertular atau tidak seseorang dari COVID-19 sangat penting untuk saat ini.

"Oleh karenanya masyarakat sebaiknya tidak takut untuk mengikuti kegiatan swab test sebab tujuannya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama," tutur Rizal.

Sementara itu, Direktur RS Pertamina Balikpapan Dr.M.N. Khairudin mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona lebih luas lagi di wilayah balikpapan.

"Dalam kegiatan ini tim medis yang diturunkan sebanyak 9 orang yang terdiri dari 5 swabber (dokter), 2 perawat asisten swabber, 2 koordinator lapangan yang membantu dalam pelaksanaan acara," ungkapnya.

Pertamedika IHC dalam hal ini RS Pertamina Balikpapan sebagai grup RS BUMN yang memiliki keandalan dalam melakukan pemeriksaan skrining COVID-19. Keputusan untuk menjalankan pemeriksaan lewat tes PCR swab yang menggunakan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan tersebut dipilih karena menjadi pemeriksaan ini dinilai lebih akurat.

Ini dikarenakan virus Corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan benar benar memperlihatkan keberadaan virus SARS-COV2 di dalam tubuh seseorang.

Pada kegiatan tersebut animo masyarakat juga antusias dalam mengikuti swab test gratis ini. Protokol kesehatan juga diterapkan dalam kegiatan ini, mulai dari tahapan kedatangan peserta dilakukan cek suhu dan cuci tangan, registrasi awal, tempat duduk antrian yang menerapkan physical distancing, lokasi yg selalu disemprot desinfektan, hingga pelaksanaan lainnya hingga selesai. Selain itu Petugas medis yang melayani swab test ini juga menggunakan baju APD Lengkap.

Sebagai informasi, selama masa pandemi ini BNI telah memberikan bantuan CSR berupa bantuan tanggap darurat bencana wabah pandemi Corona berupa Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan kepada rumah sakit rujukan yang tersebar di seluruh daerah, alat cuci tangan atau wastafel portabel dan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak.

(akn/ega)