Tanggapan Warga Depok soal Denda Tak Pakai Masker Rp 50 Ribu

Jehan Nurhakim - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 13:22 WIB
Seorang warga disetop petugas Satpol PP Depok karena tak pakai masker
Seorang warga disetop petugas Satpol PP Depok karena tak memakai masker. (Jehan Nurhakim/detikcom)
Depok -

Sanksi denda Rp 50 ribu bagi warga Depok yang tidak mengenakan masker sudah diterapkan sejak Kamis (23/7) kemarin. Lalu, bagaimana tanggapan warga Depok soal denda itu?

Seorang warga bernama Andri disetop petugas Satpol PP Depok di Jl Margonda Raya pukul 11.00 WIB tadi, Jumat (24/7/2020). Andri saat itu sedang dalam perjalanan menuju Bogor dengan menaiki sepeda motor, tiba-tiba disetop petugas lantaran tidak memakai masker.

Petugas lantas bertanya kepada Andri, kenapa dirinya tidak mengenakan masker. Andri pun mengakui kesalahannya karena tidak memakai masker. Petugas kemudian memberikan sanksi denda Rp 50 ribu kepadanya.

"Denda aja, emang ini udah salah saya kok, kebetulan lagi nggak pake," kata Andri.

Meski berat hati, pedagang mi ayam ini terpaksa mengeluarkan uang Rp 50 ribu untuk membayar denda tersebut. Selain karena kesalahannya, ia membayar denda karena ingin segera pergi.

"Berat sih, tapi gimana lagi? Memang udah kesalahan, mau nggak mau bayar di tempat aja deh, karena mau ngejar waktu juga," kata Andri.

Warga lainnya, Muhammad Maulana, juga disetop petugas karena tidak memakai masker. Pria yang bekerja sebagai kurir ini mengaku keberatan atas denda Rp 50 ribu.

"Berat juga, karena kan buat bensin, parkir. Jadi nggak setuju," kata Maulana.

Meski begitu, Maulana tetap membayar denda tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Depok memberlakukan sanksi bagi warga yang tidak memakai masker di tempat umum. Sanksi tersebut berupa denda hingga sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum.

Ditemui secara terpisah, Wanda, seorang mahasiswi, mengaku setuju dengan penerapan denda. Menurutnya, hal itu agar memberikan efek jera.

"Karena kan ini buat kepentingan kita bersama, jadi harus bersama-sama memerangi COVID-19 ini dengan mematuhi aturan terkait protokol kesehatan, salah satunya dengan mengenakan masker," kata Wanda.

(mea/mea)