Pangkoops AU Minta Lanud Palembang Selalu Siap Antisipasi Karhutla-Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 12:44 WIB
Pangkoops AU saat kunjungan kerja di Lanud Sri Mulyono Herlambang
Pangkoops AU saat melakukan kunjungan kerja di Lanud Sri Mulyono Herlambang (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Tri Bowo Budi Santoso meminta jajarannya di Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) selalu siap mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Selain mengatasi karhutla, jajaran TNI AU harus ikut aktif dalam penanganan COVID-19.

"Namanya pangkalan udara harus selalu dijaga dan siaga. Jadi, apabila negara kita membutuhkan, kita sudah siap, terutama soal penanganan kebakaran hutan-lahan," kata Tri Bowo Santoso saat melakukan kunjungan kerja ke Lanud Palembang, Kamis (23/7/2020).

Tri menilai TNI kini menjadi bagian penting dalam penanganan karhutla dan COVID-19, meski dampak COVID-19 ekonomi kini sudah mulai pulih.

"Dampak COVID-19 kita sekarang ini baru mulai pulih. Kita TNI harus menjadi bagian pemulihan dengan salah satunya terkait ketahanan pangan, terkhusus untuk semua anggota di jajaran lanud ini," katanya.

Sementara itu, Komandan Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Firman Wirayuda, menyebut pihaknya telah maksimal dalam penanganan karhutla. Terbukti, hingga saat ini karhutla di Sumatera Selatan masih terkendali.

"TNI memang harus tetap aktif membantu pemerintah dalam menangani COVID-19. Khusus penanganan karhutla, hingga akhir Mei sampai sekarang masih dapat terkendali," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2