Hari Anak Nasional 2020, Jokowi Ingin Anak-anak Terlindungi dari COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 08:41 WIB
Presiden Joko Widodo memberi sambutan di sidang Terbuka ITB, Jumat (3/7/2020).
Foto: Presiden Jokowi (BPMI)
Jakarta -

Hari Anak Nasional 2020 jatuh hari ini. Presiden Joko Widodo memperingati Hari Anak Nasional dengan menyatakan anak-anak harus terlindungi dari COVID-19.

Ucapan Hari Anak Nasional ini disampaikan Jokowi di akun media sosialnya seperti Twitter dan Instagram, Kamis (23/7/2020). Jokowi mengunggah dua ilustrasi anak-anak dengan tulisan 'Selamat Hari Anak Nasional. Presiden Joko Widodo'.

"Lebih 70 juta anak Indonesia merasakan dampak pandemi Covid-19. Mereka tak bebas bermain bersama kawan sebaya, dan sebagian harus belajar dari rumah," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan anak-anak harus terlindungi. Dia menegaskan anak-anak adalah harapan kemajuan Indonesia.

"Mereka harus terlindungi. Di pundak anak-anak ini, terpanggul harapan akan Indonesia maju," ucap Jokowi.

"Selamat Hari Anak Nasional 2020," tutur Jokowi.

Hari Anak Nasional Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Peringatan Hari Anak Nasional ini memiliki makna untuk tanda kepedulian seluruh bangsa terhadap optimalnya tumbuh kembang anak. Pemerintah juga membuat program untuk mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam melindungi anak sehingga dapat melahirkan generasi bangsa yang tidak hanya sehat tetapi juga cerdas dan berakhlak mulia.

Hari Anak Nasional berbeda dengan Hari Anak Internasional. Hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda disetiap negara. Untuk Hari Anak Internasional ditetapkan setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal jatuh pada tanggal 20 November.

Di tengah pandemi ini perayaan Hari Anak Nasional dirayakan secara berbeda. Dalam kesempatan ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji bersama dengan anggotanya memberikan edukasi terkait protokol kesehatan. Guru, orangtua dan 60 siswi-siswi TK di Pepelegi, Sidoarjo bersama dengan Sumardji mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama melindungi dan mengawasi putra-putrinya agar terhindar dari COVID-19 serta memberikan anak-anak masker dan face shield.

(gbr/fjp)