Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Sebut Bukan Sekadar Seremonial

Antara News - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 21:03 WIB
Menteri PPPA Dukung Keterwakilan Perempuan 30 Persen di Parlemen 2024
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. (Foto: Yudha Maulana)
Jakarta -

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan peringatan Hari Anak Nasional 2020 bukan sekadar seremonial. Dia menyebut, Hari Anak Nasional juga harus diikuti dengan berbagai kegiatan yang konkret.

"Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama panitia mengadakan berbagai kegiatan seperti webinar dan pemenuhan kebutuhan spesifik anak," kata Bintang dalam jumpa pers virtual yang diikuti di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu (22/7/2020).

Bintang mengatakan beberapa seminar daring bertema tentang pengasuhan anak juga melibatkan para pegiat Forum Anak dari seluruh Indonesia. Sedangkan pemenuhan kebutuhan spesifik anak dilakukan sebagai bantuan bagi anak-anak yang terdampak pandemi COVID-19.

"Selain dibantu dunia usaha dan relawan, pemenuhan kebutuhan spesifik anak juga menggunakan 70 persen dana dekonsentrasi Kementerian melalui dinas pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak di daerah yang dilakukan serentak pada 11 Juli 2020," tuturnya.

Dia berterima kasih karena banyak pihak yang terlibat dalam seminar daring dan pemenuhan kebutuhan spesifik anak.

"Tidak hanya mendapatkan bantuan dari dunia usaha, penyaluran pemenuhan kebutuhan spesifik anak juga dibantu oleh para mitra Kementerian. Hal ini merupakan hasil kerja sama yang luar biasa," katanya.

Kamis (23/7) merupakan acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2020 dan akan digelar secara virtual. Acara ini juga diikuti para pegiat Forum Anak dan anak-anak dari seluruh Indonesia.

Bintang berharap acara puncak itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan selama anak berkegiatan di rumah.

(idn/gbr)