Penumpang Meninggal Mendadak, TransJ: Tak Ada Gejala COVID-19

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 20:30 WIB
TransJakarta melakukan uji coba pengoperasian bus listrik selama tiga bulan ke depan. Bus listrik yang akan beroperasi ada 2 unit lho.
Ilustrasi pengecekan suhu tubuh sebelum penumpang naik bus oleh petugas TransJakarta. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Seorang penumpang bus TransJakarta (TransJ) meninggal dunia mendadak di Halte Slipi Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus), setelah sebelumnya ditemukan pingsan di dalam bus. Pihak TransJ menyatakan suhu tubuh penumpang tersebut telah dicek saat hendak masuk bus.

"Ketika pelanggan naik, sudah dicek suhu tubuhnya," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo kepada detikcom, Selasa (21/7/2020).

Nadia menyebutkan, berdasarkan hasil cek suhu tubuh, penumpang tak mengalami demam sehingga penumpang diperbolehkan naik karena dinilai tak bergejala Corona (COVID-19).

"Dan tidak ditemukan gejala COVID-19," ucap Nadia.

Nadia menuturkan pihaknya akan berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta perihal ini. Jika nantinya penumpang tersebut meninggal dunia akibat terpapar Corona, maka pihaknya akan memerintahkan petugas TransJ yang ada di lokasi kejadian untuk menjalankan karantina kesehatan.

"Kami akan kami pastikan karantina kalau pelanggan sudah positif COVID," kata Nadia.

Sebelumnya diberitakan, penumpang tersebut ditemukan pingsan di dalam bus TransJ. Petugas bus langsung mengevakuasi penumpang itu dengan menurunkan di halte terdekat, yaitu Slipi Petamburan.

Petugas TransJ kemudian menghubungi pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk memeriksa penumpang. Namun penumpang itu dinyatakan meninggal dunia.

Akibat kejadian tersebut, petugas TransJ langsung mengosongkan halte dan bus dari penumpang. Halte ditutup sementara dan bus yang sempat dinaiki penumpang itu ditarik ke pool untuk disemprot disinfektan.

Tonton video 'Pria Bersenjata Sandera 20 Penumpang Bus di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/dhn)