Sosialisasikan New Normal, Kemensos Gelar Lomba Film Pendek

Inkana Putri - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 10:07 WIB
Kemensos
Foto: Dok. Kemensos
Jakarta -

Kementerian Sosial melalui Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) menyelenggarakan lomba film pendek bertajuk 'New Normal Versiku' yang telah digelar dari tanggal 8 Juni-17 Juli 2020.

Kepala BP3S Syahabuddin mengatakan lomba ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk tetap berkarya di masa pandemi. Ia juga berharap film-film yang dilombakan dapat memberi edukasi dan pemahaman bagi masyarakat terkait perilaku new normal.

"Dengan diadakannya lomba ini kami harapkan dapat menyebarkan optimisme di tengah situasi pandemi, dan tetap semangat untuk menghasilkan karya yang berkualitas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/7/2020).

Lebih lanjut, Syahabuddin mengatakan film pendek tersebut dapat menjadi media sosialisasi pemerintah untuk masyarakat dalam menjalankan aktifitas new normal dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam keadaan pandemi sekarang ini masyarakat tetap diharapkan dengan kesadaran diri yang tinggi mampu menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Adapun pada tanggal 17 juli 2020 telah diumumkan 5 film pemenang dan 10 film favorit. Masing-masing pemenang akan mendapatkan penghargaan yaitu:

Hadiah pemenang 1 sebesar Rp 25 juta

Hadiah pemenang 2 sebesar Rp 15 juta

Hadiah pemenang 3 sebesar Rp 10 juta

Hadiah harapan 1 sebesar Rp 7,5 juta

Hadiah harapan 2 sebesar Rp 5 juta

Sementara, 10 film favorit akan mendapatkan hadiah hiburan masing-masing sebesar Rp 2 juta. Selain itu, pra peserta yang mengikuti lomba akan mendapatkan piagam penghargaan. Sekretaris BP3S Harapan Lumban Gaol menyampaikan antusiasme masyarakat terhadap lomba film pendek sangatlah besar. Pasalnya, para peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari hampir seluruh provinsi di Indonesia.

"Semangat dari lomba ini salah satunya agar masyarakat tidak berlarut larut dalam kesedihan, meskipun dalam masa pandemi seperti sekarang, masyarakat harus tetap berkarya. Kita harus bangkit bersama menciptakan iklim yang kondusif dan harapan kita semua semoga pandemi ini dapat segera berakhir," pungkasnya.

Tonton video 'WHO Sebut Butuh Waktu Lama untuk Kembali ke Kehidupan Normal':

(prf/ega)