Prabowo Dikabarkan Hendak Borong 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon Austria

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 11:14 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan mengajukan pembelian 15 jet tempur Eurofighter Typhoon dari Austria. Kabarnya, dia telah berkirim surat ke Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner.

Dihimpun detikcom hingga Senin (20/7/2020), sejumlah media dari luar negeri, baik yang berbahasa Inggris maupun berbahasa Jerman, memberitakan kabar ini.

The NewsABC.net memberitakan dengan judul 'Indonesia dikabarkan tertarik dengan Eurofighters Austria'. Mereka mengutip surat dari Prabowo yang beredar mengenai pengajuan pembelian Eurofighter Typhoon tahun 2002, tertanggal 10 Juli 2020.

"Untuk mencapai target saya memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, saya hendak mengajukan pembicaraan resmi dengan Anda, Yang Mulia, untuk membeli semua 15 Eurofighter Typhoon dari Austria untuk Angkatan Udara Republik Indonesia," demikian bunyi surat yang dikabarkan oleh The NewsABC.net berasal dari Menhan RI Prabowo Subianto untuk Menhan Austria Klaudia Tanner.

Ada pula media berbahasa Jerman, Kleine Zeitung, memberitakan hal yang sama. Berita ini dibuka dengan pertanyaan skeptis, apakah kabar ini benar atau tidak.

"Hari April Mop Akhir atau penawaran serius? Dalam sebuah surat kepada Menteri Pertahanan Tanner, Menteri Pertahanan Indonesia telah menyatakan minatnya terhadap 15 pesawat supersonik. Tidak jelas apakah penjualan itu dimungkinkan secara hukum," tulis Kleine Zeitung dalam beritanya.

Die Presse juga menyampaikan kabar ini. Bahkan Die Presse menyampaikan bahwa Departemen Pertahanan telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah menerima surat itu.

Kronen Zeitung, media berbasis di Austria, melansir berita berjudul, "Indonesia Ingin Membeli Eurofighter Kami."

Tonton video 'Sri Mulyani Bicara Pentingnya Anggaran, Sebut Nama Prabowo':

Selanjutnya
Halaman
1 2