Round-Up

Dukacita Jokowi atas Banjir Masamba

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 07:21 WIB
Kondisi bantaran sungai Masamba akibat banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (14/7/2020). Akibat banjir bandang tersebut mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan ratusan rumah tertimbun lumpur. ANTARA FOTO/Muktar/yu/hp.
Ratusan Rumah Tertimbun Lumpur Akibat Banjir di Luwu Utara. (Foto: Antara Foto)

Basuki menargetkan agar jalur tersebut sudah terbuka pada Minggu 19 Juli 2020.mendatang.

"Prioritas membersihkan konektivitas ini. Saya beri waktu sampai hari Minggu sudah harus bersih. Di tiga tempat ini, yakni di Sungai Rongkong, Sungai Randa dan Sungai Masamba ini," kata Basuki.

Perlahan tapi pasti dampak banjir bandang terus diatasi.

Lumpur sisa-sisa banjir mulai dikeruk.PT Hutama Karya (Persero) menurunkan 20 tim beserta 2 (dua) alat berat excavator untuk membersihkan lumpur imbas banjir bandang di Luwu Utara (Lutra).

Perseroan juga membuka akses jalan dengan 1 (satu) alat berat excavator kecil yang digunakan untuk pencarian jenazah sesaat setelah kejadian banjir bandang tersebut.

Selain itu, pasokan aliran listrik di wilayah Masamba, Luwu Utara, mulai berangsur pulih hingga 90 persen. Ratusan Gardu-gardu listrik PLN di wilayah Lutra sempat tergenang air pasca banjir bandang.

"Hingga hari ini sudah 90 persen sudah stabil aliran listrik di Luwu Utara," kata Manajer Komunikasi PLN Sulselbar, Eko Sasongko saat berbincang dengan detikcom, Jumat (17/7/2020).

Halaman

(aan/idn)