Round-Up

Rangkaian Gempa dalam Sehari dari Timur ke Barat Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 20:04 WIB
Ilustrasi gempa
Foto: Ilustrasi gempa (Ilustrasi/AFP)

Selanjutnya, gempa magnitudo (M) 4,0 terjadi di Aceh Selatan, Aceh. Gempa di Aceh ini berpusat di darat. BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi Jumat (17/7/2020), sekitar pukul 09.54 WIB. Pusat gempa berada di darat.

"Pusat gempa berada di darat 14 km barat laut Kabupaten Aceh Selatan," tulis BMKG melalui akun resmi @infoBMKG.

Titik pusat gempa berada di 3,36 Lintang Utara (LU) dan 97,13 Bujur Timur (BT). Gempa di Aceh ini berpusat di kedalaman 36 kilometer.

Gempa ini dirasakan dalam skala III MMI di Tapak Tuan, Aceh Selatan. Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa lanjutan di kawasan Indonesia lainnya masih terjadi. Gempa magnitudo (M) 3,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. Gempa ini juga dirasakan hingga Tasikmalaya.

BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi Jumat (17/7/2020), sekitar pukul 11.08 WIB. Pusat gempa berada di laut.

"Pusat gempa berada di laut 89 km barat daya Pangandaran," tulis BMKG melalui akun resmi @infoBMKG.

Titik pusat gempa berada di 8,18 Lintang Selatan (LU) dan 107,85 Bujur Timur (BT). Gempa Pangandaran ini berpusat di kedalaman 18 kilometer.

Gempa ini dirasakan dalam skala III MMI di Pangandaran, Cipatujah, Cibalong, Karangnunggal, Singajaya dan Tasikmalaya. Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

Halaman

(rdp/rdp)