Kominfo Siapkan Desk Khusus Komunikasi Publik Terkait Karhutla

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 17:23 WIB
Kominfo Luncurkan Desk Terkait Karhutla
Kominfo meluncurkan desk terkait karhutla. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyiapkan desk khusus komunikasi publik terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kemenkominfo berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kementerian Kominfo mengambil inisiatif bersama KLHK untuk melakukan orkestrasi komunikasi publik karena pelibatan masyarakat begitu penting dalam pencegahan kebakaran hutan. Untuk itu, Kominfo menyiapkan desk khusus untuk komunikasi publik karhutla 2020," kata Johnny dalam acara Forum Merdeka Barat 9 di Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020).

Desk khusus ini akan dipimpin Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Widodo Muktiyo. Johnny menegaskan masyarakat punya peran penting dalam upaya pencegahan kebakaran hutan.

"Kita harapkan ini perhatian serius yang dilakukan pemerintah, diketahui dan dilaksanakan dengan baik oleh masyarakatnya karena partisipasi masyarakat begitu penting," ujar Johnny.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar turut mengapresiasi keberadaan desk khusus komunikasi publik soal karhutla ini. Siti menilai desk Kominfo dapat mendukung kinerja Kementerian LHK terkait komunikasi dan data soal karhutla.

"Menurut saya, kalau kita punya room atau desk yang dilakukan untuk komunikasi, dan setiap data yang kita lakukan, saya kira itu akan sangat baik. Presiden sudah mengingatkan kepada kami untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat melalui media," ucap Siti.

(zap/zap)