Gabung GrabKios, Pemilik Warung Bisa Perbanyak Layanan

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 22:49 WIB
Pemilik GrabKios di Palembang
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Dalam mempercepat digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Grab menghadirkan program #TerusUsaha sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah pusat. Adapun program ini mencakup pelatihan keterampilan UMKM, peningkatan penjualan melalui iklan gratis, layanan aplikasi digital serta microsite khusus bagi UMKM di Indonesia.

Rosalina (38), pemilik warung digital 'Rosa' di Palembang, menjadi salah satu mitra UMKM yang merasakan dampak dari digitalisasi ini. Rosa mengatakan bahwa dirinya merasakan banyak manfaat saat bergabung menjadi mitra GrabKios.

"Saya dulu tidak paham tentang teknologi, jadi saya belajar cara menggunakan smartphone saya. Beberapa tahun lalu, saya memutuskan untuk membuka sebuah warung kecil, tapi hanya menjual barang-barang kebutuhan harian saja. Dengan teknologi GrabKios, saya bisa menawarkan lebih banyak layanan bagi pelanggan seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan, dan juga transfer uang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/7/2020).

Selain itu, Rosa mengatakan digitalisasi UMKM ini juga memudahkan dirinya untuk membuka tabungan hingga mengajukan kredit usaha rakyat (KUR). Bahkan, ia mengakui sejak bergabung bersama GrabKios dirinya bisa membantu warga sekitar yang mayoritasnya belum memiliki akses bank.

"Saya juga pertama kali membuka dan punya tabungan saat bergabung dengan GrabKios. Sekarang jadi mudah untuk mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat. Senang sekali rasanya karena jadi bisa merenovasi rumah dan warung, serta menambah modal mengisi warung. Teknologi benar-benar bantu saya buat berkembang!" pungkasnya.

Adanya transformasi digital berdampak terhadap UMKM di Indonesia, termasuk di Kota Palembang. Berdasarkan hasil survei terhadap mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios Palembang, terlihat adanya peningkatan pendapatan hingga 47% menjadi Rp 39,5 juta per bulan. Sementara, rata-rata pendapatan agen GrabKios Palembang meningkat 47% menjadi Rp 9,6 juta per bulan sejak bergabung.

(prf/ega)