Peta Koalisi Gibran Rakabuming Raka Maju Pilkada Solo

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:20 WIB
Gibran daftar bakal Cawalkot Solo
Gibran Rakabuming Raka. (dok. Ist)
Jakarta -

Gibran Rakabuming Raka siap menjemput tiket dari PDIP untuk maju Pilkada Solo. PDIP kabarnya akan menduetkan Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa untuk maju Pilkada Solo. Sedikit menengok perjalanannya, Gibran sudah mengantongi dukungan dari mayoritas partai politik.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa mengakui telah menerima undangan untuk menghadiri pengumuman rekomendasi Pilkada Solo dari PDIP di Kantor DPD PDIP Jateng di Semarang, besok. Gibran pun mohon doa kelancaran.

"Saya mohon doanya aja agar semua dilancarkan. Matur nuwun (terima kasih)," kata Gibran melalui pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Lantas jika Gibran-Teguh jadi diusung PDIP, seperti apa pemetaan koalisinya? Sebagai informasi PDIP memborong 30 dari 45 kursi DPRD Solo. Untuk maju, Gibran setidaknya membutuhkan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD sesuai Pasal 40 UU Nomor 10 Tahun 2016 atau 9 kursi.

Sedangkan jumlah suara parpol non-PDIP di bawah syarat minimal yaitu 9 kursi. PKS memiliki 5 kursi, PAN, Gerindra, Golkar masing-masing 3 kursi, dan PSI punya 1 kursi.

Partai Gerindra, Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah tegas mendukung Gibran sejak awal. Bahkan Gerindra sempat mengaku siap mendorong Gibran maju lewat koalisi partai jika tidak dipilih oleh PDIP.

"Karena kami tidak bisa mengusung calon sendiri, kami akan mengajak partai lain mengusung Gibran. Kemungkinan besar PSI, Golkar dan satu lagi PKS atau PAN," kata Ketua DPC Gerindra, Ardianto Kuswinarno, Jumat (21/2).

Sedangkan Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo sudah jauh hari menyatakan yakin Gibran akan dipilih oleh PDIP untuk maju Pilkada Solo. Kemudian, DPD Golkar Solo juga telah menyatakan mendukung Gibran Rakabuming, sesuai instruksi di tingkat pusat.

Tonton video 'FX Rudy Siap Menangkan Gibran di Pilkada Solo':

"Kalau kami yang pasti mengikuti arahan dari pusat. Saat ini kami mendukung Gibran Rakabuming. Kalau soal nanti tidak dipilih PDIP, kami tunggu keputusan di pusat," ujar Wakil Ketua DPD Golkar Solo, Taufiqqurahman.

PKS yang memiliki suara terbanyak setelah PDIP hingga terakhir masih membuka peluang untuk siapapun, baik mendukung Gibran, Purnomo, bahkan calon lain. PKS juga masih sempat berharap kadernya bisa mengikuti kontestasi Pilkada Solo.

Sedangkan Presiden PKS Sohibul Iman juga telah menyatakan dirinya memberikan kebebasan kepada pengurus PKS Solo untuk mengusung siapapun menjadi calon wali kota sesuaikan dengan suasana batin di Solo.

"Kami masih terbuka, yang pasti kami menunggu keputusan PDIP dahulu. Kami kan juga punya kader, kalau bisa dipasangkan dengan Gibran atau Purnomo kenapa tidak?" ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Surakarta, Sugeng Riyanto.

Selanjutnya, DPC Demokrat Solo juga telah menyampaikan dukungannya kepada Gibran. Mereka mengklaim telah mendapatkan restu dari Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mendukung Gibran di Pilkada Solo.

"Iya betul, Demokrat Solo resmi mendukung Mas Gibran, sudah disetujui ketua umum," kata Ketua DPC Demokrat Solo Supriyanto, Kamis (6/2).

Sedangkan PAN selama ini tertarik mendukung Purnomo, baik lewat PDIP ataupun personal. Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari juga menyatakan tak ingin calon dari PDIP tak punya lawan.

Pada perkembangannya, sempat muncul pernyataan Ahmad Mumtaz Rais yang menyebut PAN Solo akan mendukung Gibran Rakabuming Raka. Namun Mumtaz saat itu mengaku berharap dukungan PAN kepada Gibran itu diikuti dengan dukungan PAN kepadanya maju di Pilkada Sleman.

"PAN Solo itu mendukung Mas Gibran. Jadi saya berharap di Sleman PDIP juga ikut mendukung," kata Mumtaz Rais kepada wartawan, Selasa (10/3).

Pernyataan Mumtaz itu kemudian dibantah oleh Ketua DPD PAN Solo, Sapari. "Mungkin itu baru ngobrol dengan mertuanya (Zulkifli Hasan). Kalau saya belum memutuskan," tuturnya Kamis (12/3).

Sapari menuturkan pihaknya masih belum memastikan arah dukungan PAN ke salah seorang bakal calon Wali Kota Solo. Hanya saja, dia membenarkan arahan Zulkifli soal mendukung calon yang diusung PDIP di Pilkada Solo.

"Memang Bang Zul sudah ngomong sama saya, kita dukung dari PDIP. Tapi PDIP kan bisa Pak Pur bisa Gibran. Kita tetap tunggu dulu hasil rekomendasi PDIP," terangnya.

(elv/sip)