Peta Koalisi Gibran Rakabuming Raka Maju Pilkada Solo

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:20 WIB
Gibran daftar bakal Cawalkot Solo
Gibran Rakabuming Raka. (dok. Ist)

"Kalau kami yang pasti mengikuti arahan dari pusat. Saat ini kami mendukung Gibran Rakabuming. Kalau soal nanti tidak dipilih PDIP, kami tunggu keputusan di pusat," ujar Wakil Ketua DPD Golkar Solo, Taufiqqurahman.

PKS yang memiliki suara terbanyak setelah PDIP hingga terakhir masih membuka peluang untuk siapapun, baik mendukung Gibran, Purnomo, bahkan calon lain. PKS juga masih sempat berharap kadernya bisa mengikuti kontestasi Pilkada Solo.

Sedangkan Presiden PKS Sohibul Iman juga telah menyatakan dirinya memberikan kebebasan kepada pengurus PKS Solo untuk mengusung siapapun menjadi calon wali kota sesuaikan dengan suasana batin di Solo.

"Kami masih terbuka, yang pasti kami menunggu keputusan PDIP dahulu. Kami kan juga punya kader, kalau bisa dipasangkan dengan Gibran atau Purnomo kenapa tidak?" ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Surakarta, Sugeng Riyanto.

Selanjutnya, DPC Demokrat Solo juga telah menyampaikan dukungannya kepada Gibran. Mereka mengklaim telah mendapatkan restu dari Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mendukung Gibran di Pilkada Solo.

"Iya betul, Demokrat Solo resmi mendukung Mas Gibran, sudah disetujui ketua umum," kata Ketua DPC Demokrat Solo Supriyanto, Kamis (6/2).

Sedangkan PAN selama ini tertarik mendukung Purnomo, baik lewat PDIP ataupun personal. Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari juga menyatakan tak ingin calon dari PDIP tak punya lawan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3