Brigjen Prasetijo Utomo Dicopot, Kabareskrim: Ini untuk Jaga Marwah Institusi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 17:42 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit (Rahel/detikcom)
Komjen Listyo Sigit (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Brigjen Prasetijo Utomo, pembuat surat jalan untuk Djoko Tjandra, telah resmi dicopot dari jabatannya sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri. Kabareskrim Komjen Listyo Sigit mengatakan pencopotan ini untuk menjaga marwah Polri.

Komjen Listyo Sigit sore ini memimpin upacara penyerahan jabatan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri. Dia menegaskan pencopotan ini merupakan komitmen pimpinan Polri.

"Ini komitmen pimpinan Polri dan kami khususnya dari jajaran Bareskrim Polri untuk menjaga marwah institusi," kata Komjen Listyo Sigit di Mabes Polri, Kamis (16/7/2020).

Komjen Listyo Sigit menegaskan pihaknya akan menindak anggota yang melakukan pelanggaran. Di sisi lain, anggota yang berprestasi pun akan mendapat apresiasi.

"Ini juga peringatan bagi seluruh anggota, khususnya Bareskrim, baik yang di Mabes Polri maupun jajaran. Kejadian ini tidak boleh terulang lagi. Bagi yang tidak sanggup, saya minta dari sekarang untuk mundur," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, publik digegerkan oleh surat jalan terkait Joko Tjandra yang dikeluarkan oleh Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rakorwas tertanggal 18 Juni 2020. Surat itu ditandatangani oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Brigjen Prasetijo Utomo.

Atas tindakannya itu, Brigjen Prasetijo dicopot. Dia disebut melakukan hal itu atas inisiatif sendiri.

(imk/fjp)