Penjelasan Jubir soal Foto Bareng Ketua MA dengan Pengacara Djoko Tjandra

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 15:31 WIB
Buronan kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, membuat KTP elektronik (e-KTP) kurang dari sejam. Terkait hal tersebut, Komisi III DPR RI akan memanggil Dukcapil DKI dan lurah setempat.
Djoko Tjandra (Foto: dok. 20Detik)
Jakarta -

Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, kedapatan berfoto bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin. Belakangan, foto tersebut menjadi ramai dibahas di lini masa karena Djoko Tjandra bisa melenggang di Indonesia padahal statusnya terpidana korupsi yang buron. Apa penjelasan MA?

"Foto Pak Ketua MA dan Ibu Anita Kolopaking beserta suaminya itu berfoto di rumah kediaman beliau pada saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu," kata jubir MA hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Rumah yang dimaksud adalah rumah dinas Wakil Ketua MA. Sebab, Syarifuddin belum pindah rumah ke rumah dinas Ketua MA karena belum lama dilantik.

"Saat itu, karena tamu-tamu lain yang hadir minta Pak Ketua untuk berfoto, maka Ibu Anita dan suaminya juga nimbrung berfoto dengan Ketua MA dan istri," ujar Andi Samsan Nganro.

Dalam foto itu tampak Syarifuddin memakai kopiah warna putih dan istrinya memakai kerudung warna putih. Keduanya diapit oleh Anita yang memakai kerudung warna hijau dan suami Anita yang memakai kopiah dan menggunakan masker.

"Berfoto bersama dalam suasana Lebaran. Seperti itu biasalah, tidak ada maksud dan tujuan apa-apa," pungkas Andi, yang juga Ketua Muda MA Bidang Pengawasan.

Tonton video 'Mahfud Md soal Jenderal Bantu Djoko Tjandra: Nggak Bisa Akal-akalan':

(asp/elz)