Instansinya Hendak Dirampingkan, Kepala BRG: Jokowi Perintahkan Terus Kerja

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 13:42 WIB
Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead
Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Istana menyebut Badan Restorasi Gambut (BRG) sebagai salah satu badan yang hendak dirampingkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala BRG siap menerima keputusan Jokowi.

"Kita tunggu keputusan Presiden. Kita percaya pasti yang akan diputuskan adalah yang terbaik untuk negara," kata Kepala BRG Nazir Foead kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Mantan Direktur Konservasi World Wildlife Fund (WWF) ini masih ingat perintah Jokowi ke lembaganya. BRG diperintahkan untuk tidak mengendurkan pekerjaannya.

"Perintah Presiden kepada kita sekarang: kerja terus sampai nanti ada keputusan baru," kata Nazir.

Soal anggaran

Rencana perampingan ini ditujukan untuk meminimalisir anggaran. Nazir menjelaskan, anggaran untuk BRG pada tahun ini sebesar Rp 215 miliar dari APBN. Penyerapan anggaran tersendat gara-gara pandemi COVID-19.

"Karena ada kebijakan COVID-19, terus ada banyak pengurangan, maka penyerapannya masih di bawah 20%, yakni 18% kalau tidak salah," kata Nazir.

Sejak 2016 hingga sekarang, BGR sudah menyerap anggaran negara Rp 1 triliun 40 miliar.

Foto udara lahan perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan (kanan) dan kebakaran lahan gambut (kiri) Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Selasa (30/7/2019). BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi menyebutkan, sebanyak 19 titik panas di wilayah Muarojambi terpantau pada hari ini, sementara puluhan petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi, BPBD Muarojambi, dibantu TNI dan Polri, serta masyarakat masih berupaya melakukan pemadaman kebakaran atas lahan seluas sekitar 30 hektare di wilayah itu. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nz.Foto udara lahan perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan (kanan) dan kebakaran lahan gambut (kiri) Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Selasa (30/7/2019). BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi menyebutkan, sebanyak 19 titik panas di wilayah Muarojambi terpantau pada hari ini, sementara puluhan petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi, BPBD Muarojambi, dibantu TNI dan Polri, serta masyarakat masih berupaya melakukan pemadaman kebakaran atas lahan seluas sekitar 30 hektare di wilayah itu. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nz. Foto: Wahdi Septiawan/Antara)

Tonton video 'Jokowi Akan Rampingkan 18 Lembaga dan Komisi, Dasco: Efektifkan Kerja':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3