Kumpulkan Gubernur, Jokowi Siapkan Inpres Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 14:17 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. (Foto: Andhika Prasetia)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para gubernur di Istana Bogor. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir mengatakan, Jokowi memberikan arahan soal sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Pak presiden memberikan arahan untuk menegakkan disiplin. Memang seyogyanya ada sanksi, apa itu denda maupun administrasi. Supaya ada proses peningkatan kedisiplinan masyarakat yang itu harus diiringi upaya pergerakan roda perekonomian kembali. Itu yang pernah disampaikan antara rem dan gas," ujar Khofifah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

Pertemuan antara Jokowi dengan para gubernur berlangsung pagi ini. Selain Khofifah, rapat dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Dalam kesempatan terpisah, RK mengungkapkan Jokowi sedang menyiapkan instruksi presiden mengenai sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Tadi saya sampaikan, kita (Pemprov Jabar -red) diapresiasi presiden karena duluan berinisiatif mewacanakan sanksi. Nah presiden sedang siapkan namanya instruksi presiden sebagai penguatan dasar hukum untuk sanksi," ujar RK.

Tonton video 'Jokowi Akan Rampingkan 18 Lembaga dan Komisi, Dasco: Efektifkan Kerja:

Selanjutnya
Halaman
1 2