Viral Bule Gowes Lawan Arus, Polisi Ingatkan Pesepeda Juga Bisa Ditilang

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 13:49 WIB
A racing bike rides alone on the roade - the sun rises / sunset
Foto: Ilustrasi (Getty Images/Sohl)
Jakarta -

Sebuah video beredar menunjukkan bule gowes sepeda dengan lawan arus di Jakarta, viral di media sosial. Polisi menyebut, aksi pesepeda seperti si bule ini bisa ditilang karena melanggar lalu lintas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan bahwa sepeda seyogyanya menggunakan jalur sepeda yang sudah disediakan.

"Bagi pesepeda yang menggunakan jalur kendaraan bermotor padahal sudah ada jalur sepeda bisa ditilang," kata AKBP Fahri dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Fahri mengatakan, bagi pesepeda yang melanggar aturan dapat ditilang dan sepedanya disita sebagai barang bukti. Meskipun bule tersebut bukan warga negara Indonesia, Fahri memastikan si bule itu bisa ditilang.

"Ya bisa ditilang, karena hukum Indonesia menganut prinsip teritorialitas yaitu prinsip yang menganggap hukum pidana Indonesia berlaku di dalam wilayah Republik Indonesia, siapapun yang melakukan tindak pidana, prinsip ini ditegaskan dalam Pasal 2 KUHP," jelas Fahri.

Namun, tilang tidak berlaku bagi diplomat negara asing yang memiliki hak imunitas.

"Kecuali diplomat negara asing ada hak imunitas, namun bisa tidak berlaku atas dasar perjanjian bilateral karena ada azas resiprokalitas dalam hubungan internasional," sambungnya.

Dalam kasus ini, si bule bisa ditilang dengan barang bukti yang disita adalah sepedanya.

"Barang buktinya (yang disita) sepeda, persis yang seperti SOP skuter listrik," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, aski bule mengayuh sepeda di Jakarta menjadi perhatian netizen. Sebab, si bule itu mengayuh sepeda dengan melawan arus, sehingga membahayakan keselamatan para pengendara yang lain.

Pesepeda itu terlihat melawan arus lalu lintas yang padat yang dipenuhi mobil dan motor. Bus melintas, truk tronton lewat, sepeda motor berlalu. Pesepeda itu meliuk-liuk melewati mereka, bukan di sisi pinggir tapi di tengah-tengah jalan.

Banyak sekali cuitan bernada umpatan yang kasar. Ada yang menjelaskan bahwa cara berkendara seperti ini tidak hanya membahayakan diri sendiri melainkan juga membahayakan orang lain.

Usut punya usut, ini adalah tayangan dari seorang pesepeda cum videografer bernama Lucas Brunelle. Dia mengunggah video di akun YouTube-nya, pada 16 September 2019.

"Jakarta-menembus sepeda motor-sepeda motor dengan @sparsgram skill gila dalam kekacauan. Pergi ke Jakarta untuk Cycle Messenger World Championships dan keluar untuk gowes di sekitar Jakarta adalah hal yang menakjubkan, semua sepeda motor seperti kawanan ikan," kata Brunelle dalam keterangan videonya.

Unggahan setahun lalu baru viral belakangan ini, seiring demam sepeda yang melanda masyarakat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat Lucas Brunelle mengunjungi Jakarta, demam sepeda memang belum melanda Jakarta.

(mei/hri)