MA Hukum Markus Nari 8 Tahun Penjara

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 11:34 WIB
Eks Anggota DPR Markus Nari dituntut jaksa KPK dengan hukuman 9 tahun penjara. Ia diyakini bersalah memperkaya diri sendiri USD 900.000 dari proyek e-KTP.
Foto Markus Nari: (Ari Saputra-detik)
Jakarta -

Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman mantan anggota DPR Markus Nari diperberat dari 7 tahun penjara menjadi 8 tahun penjara. Selain itu, Markus Nari diwajibkan mengembalikan uang proyek e-KTP yang dikorupsinya.

"Permohonan kasasi Penuntut Umum dan Terdakwa dalam perkara Terdakwa Markus Nari dikenal dengan perkara kasasi Nomor 1998 K/Pid-Sus/2020 ditolak oleh Mahakamah Agung (MA) dalam pemeriksaan tingkat kasasi dengan perbaikan," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Rabu (15/7/2020).

"Artinya, meski MA menolak permohonan kasasi Pemohon kasasi tersebut, akan tetapi MA memandang perlu memperbaiki pidana yang dijatuhkan oleh judex facti menjadi pidana penjara selama 8 (delapan) tahun, denda sebesar Rp 800 juta subsider 8 (delapan) bulan kurungan" sambung Andi.

Putusan tersebut dijatuhkan pada Hari Senin, 13 Juli 2020 oleh Majelis Hakim Kasasi yang terdiri dari : Dr. H.Suhadi, SH, MH sebagai Ketua Majelis didampingi oleh Syamsul R. Chaniago, SH,MH dan Dr. Agus Yunianto,SH,MH

"Dan Uang Pengganti (UP) sebesar USD 900.000,-/Subsider 3 (tiga) tahun penjara. Amar putusan judex facti selebihnya tetap berlaku," cetus Andi.

Sebagaimana diketahui, Markus Nari menerima uang itu dari mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Sugiharto. Perbuatan Markus juga menguntungkan orang lain dan korporasi.

Selain itu, Markus bersalah merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Markus sengaja mencegah atau merintangi pemeriksaan di sidang terhadap Miryam S Haryani yang saat itu berstatus sebagai saksi dan Sugiharto yang kala itu berstatus sebagai terdakwa.

Markus awalnya dihukum 6 tahun penjara di PN Jakpus. Lalu diperberat menjadi 7 tahun penjara di tingkat banding.

Tonton video 'Eks Anggota DPR Markus Nari Divonis 6 Tahun Penjara':

(asp/zap)