Hakim PN Jaksel Tolak Praperadilan Ravio Patra

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 14:13 WIB
Sidang praperadilan Ravio Patra di PN Jaksel.
Sidang praperadilan Ravio Patra di PN Jaksel. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak permohonan praperadilan yang diajukan aktivis Ravio Patra. Ravio Patra sebelumnya mempersoalkan keabsahan kegiatan penangkapan yang dilakukan tim Polda Metro Jaya.

"Mengadili satu menolak permohonan praperadilan pemohon seluruhnya. Kedua membebani pemohon membayar biaya perkara sejumlah nihil," ujar hakim tunggal Nazar Effriadi saat membacakan putusan dalam persidangan di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (14/7/2020).

Sidang dihadiri langsung oleh Ravio Patra beserta kuasa hukumnya. Selain itu, dari pihak termohon, hadir perwakilan Polda Metro Jaya.

Dalam perimbangannya, hakim menyatakan alasan yang diuraikan pemohon dalam hal ini Ravio merupakan fakta yang dialami. Namun, menurutnya, bukti yang diajukan tidak mendukung adanya aspek formal.

"Menimbang bahwa seluruh alasan yang diuraikan pendapat hukum adalah fakta yang dialami pemohon, dan kemudian juga bukti bukti yang diajukan tidak mendukung aspek formil. Dan kemudian kuasa termohon menguraikan pula, tentang bahwa termohon telah menghalang-halangi akses pemohon dan termohon menjelaskan bantuan hukum pada pemohon yang mana hal ini di luar dari objek praperadilan," tuturnya.

Sementara itu, hakim menilai jawaban yang disampaikan pihak termohon dalam hal ini Polda, telah memenuhi aspek formal. Maka hakim menyebut pihaknya sependapat dengan jawaban termohon.

"Menimbang sementara itu, hakim tunggal dalam perkara ini menilai aspek formil saja. Selanjutnya termohon dalam menjawab pertanyaan dapat menjelaskan aspek formilnya, dan selanjutnya dapat pula membuktikannya dalam seluruh bukti. Maka, dengan demikian, hakim tunggal sependapat dengan termohon," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2