Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi Ingatkan Tantangan Teknologi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 10:04 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar perwira dari TNI dan Polri bisa menghadapi masa teknologi masa terkini. Sehingga, mereka bisa menghadapi tantangan zaman.

"Sebagai pengawal masa depan, saudara-saudara harus cakap membaca tatanan dan peluang ke depan, yang jelas dunia berubah dengan begitu cepatnya. Disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan. Revolusi industri jilid 4 mendorong perubahan cepat tersebut," ucap Jokowi saat menyampaikan amanat pelantikan di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Menurut Jokowi, akan ada persaingan antar negara untuk menguasai teknologi. Teknologi yang berkembang termasuk juga teknologi industrialisasi.

"Teknologi militer juga berkembang dengan cepat, teknologi militer terkini sudah menggunakan kecerdasan buatan, automation, augmented reality, dan teknologi siber telah jauh berkembang dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan yang saudara harus menjadi bagian dari yang mengendalikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

Selain soal perkembangan militer, Jokowi juga mengungkapkan tantangan di dunia kepolisian. Menurut Jokowi, teknologi digunakan oleh pelaku kriminal di masyarakat.

"Tantangan kejahatan yang dihadapi perwira kepolisian juga sangat berat. Kejahatan menggunakan teknologi canggih, dan kejahatan siber yang lintas negara juga memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik," kata Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2