Jokowi: Kita Harus Manfaatkan Pandemi Untuk Memperkokoh Kekuatan Bangsa

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 09:14 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi: Foto Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo melantik Perwira TNI-Polri. Jokowi meminta para perwira memetik pelajaran dari pandemi Corona (COVID-19) dengan tidak menyerah dan memperkokoh kekuatan bangsa.

"Kita harus mengambil makna dari pandemi COVID-19 saat ini yang melanda 215 negara di dunia. Memang kita menghadapi masalah kesehatan, dan masalah ekonomi yang sangat pelik, seperti juga hanya 215 negara di dunia mengalami hal yang sama. Namun, sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh menyerah," ujar Jokowi saat melantik Perwira TNI-Polri di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Jokowi mengatakan semua warga negara harus mampu mengatasi Corona ini. Menurutnya, pandemi Corona ini bisa dimanfaatkan untuk memperkokoh kekuatan bangsa dengan melakukan kemajuan.

"Kita bukan hanya terus mampu mengatasi permasalahan akibat pandemi, tetapi kita harus memanfaatkan pandemi ini untuk memperkokoh kekuatan bangsa dan melakukan lompatan-lompatan kemajuan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, krisis Corona yang sedang dihadapi Indonesia ini bisa memperkokoh sifat gotong royong warga negara. Oleh karena itu, Jokowi meminta para perwira belajar dari krisis Corona ini serta ikut berpartisipasi menyelesaikan krisis yang dihadapi Indonesia di masa pandemi Corona.

"Krisis akibat pandemi COVID bisa memperkokoh kepedulian dan kegotongroyongan kita. Memperkokoh persatuan dan kebersamaan kita, mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja kita, dan juga mempercepat pengembangan teknologi dan industri kita. Oleh karena itu, saya berpesan ke saudara-saudara untuk ikut berpartisipasi dalam rangka menyelesaikan krisis ini, dan belajar dari krisis ini untuk ikut serta memperkokoh kebersamaan yang berlandaskan pancasila, dalam rangka meraih lompatan kemajuan," tutur Jokowi.

(zap/imk)