Round-Up

Tilang Berlaku Lagi di PSBB Transisi Sebab Pelanggaran Lalin Banyak Terjadi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 20:43 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengingatkan pesepeda untuk berkendara di jalurnya. Apabila keluar dari jalurnya bisa dikenai denda tilang Rp 100 ribu.
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberlakukan kembali penilangan bagi pelanggar lalu lintas di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Salah satu pertimbangan polisi memberlakukan tilang karena tingginya angka pelanggaran selama PSBB di masa pandemi Corona (COVID-19).

Sebelumnya di masa PSBB DKI Jakarta, polisi menyetop penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Namun kini polisi kembali memberlakukan tilang dengan pertimbangan angka pelanggaran selama masa PSBB transisi mengalami peningkatan.

Penindakan tegas bagi pelanggar lalu lintas ini akan mulai diberlakukan pada pekan depan. Saat ini polisi tengah menggencarkan sosialisasi terkait pemberlakuan tilang ini.

"Minggu ini kami akan sosialisasikan kepada masyarakat secara masif agar tertib berlalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas," jelas Sambodo kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Sambodo mengatakan, tilang diberlakukan kembali dengan pertimbangan di masa PSBB transisi ini, pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan.

"Pertimbangan bahwa sudah banyak terjadinya pelanggaran lalu lintas pada masa PSBB transisi atau masa adaptasi kebiasaan baru, maka kita akan segera melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas yang berpotensi laka lantas secara konvensional terlebih dahulu," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, penindakan akan dilakukan secara konvensional.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3