Pemprov DKI Minta Sekolah Buat Materi MPLS Saat Pandemi Berupa Foto-Video

M Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:41 WIB
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS tahun ajaran baru 2020-2021 dimulai. SMPAN 153 Jakarta langsung membagikan buku pelajaran kepada orang tua murid.
Ilustrasi MPLS (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mengizinkan sekolah di wilayah untuk buka kembali saat tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai hari ini. Pemprov DKI juga meminta sekolah untuk menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menggunakan media digital.

Hal ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 58/SE/2020 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021. Dalam SE tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, meminta sekolah membuat materi MPLS dalam bentuk video, foto hingga infografis dengan format digital.

"Satuan pendidikan menyiapkan materi MPLS dalam bentuk video, foto, infografis dan bahan lain dalam format digital," tulis SE tersebut seperti dilihat detikcom, Senin (13/7/2020).

Dalam SE yang diteken Nahdiana pada Jumat (9/7) itu meminta materi MPLS tersebut berisi profil satuan pendidikan, lingkungan dan sarana/prasarana satuan pendidikan. Kemudian prestasi satuan pendidikan, aktivitas/kegiatan satuan pendidikan, dan tata tertib satuan pendidikan.

Disdik DKI Jakarta mengatur pelaksanaan MPLS dimulai pada Senin-Rabu (13-15/7). Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap kegiatan MPLS dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) menumbuhkan semangat kepada peserta didik baru meski berada di tengah pandemi.

"Dapat menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam masa PSBB transisi, serta terbangunnya kolaborasi antara satuan pendidikan dengan orangtua peserta didik," kata Ariza melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/7).

(jbr/jbr)