Sambangi Komnas HAM, Suku Anak Dalam Adukan soal Sengketa Lahan 3.550 Hektare

Kadek Melda - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:22 WIB
Suku Anak Dalam Datangi Komnas HAM
Suku Anak Dalam Datangi Komnas HAM (Kadek/Detikcom)
Jakarta -

Perwakilan masyarakat adat Suku Anak Dalam (SAD) melakukan audiensi terkait sengketa lahan dengan korporasi sawit yang sudah berpuluh-puluh tahun terjadi ke Komnas HAM. Mereka meminta agar lahan seluas 3.550 hektare di Bajubang, Batanghari, Jambi, dikembalikan kepada Suku Anak Dalam.

"Harapan kami bagaimana pemerintah pusat untuk memanggil pemerintah daerah agar menyelesaikan masalah konflik lahan 3.550 hektare diberikan kepada suku anak dalam yang berhak menerima," kata salah seorang perwakilan Suku Anak Dalam, Utut Adianto, usai audiensi di Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Utut menuturkan, beberapa hari sebelum audiensi di Komnas HAM, sejumlah perwakilan Suku Anak Dalam melakukan aksi long march dari Jambi menuju Istana Merdeka. Dia mengatakan, pihak Istana akan mendorong pertemuan dengan beberapa pihak lain yang terlibat.

"Jalan kaki kami ke Istana, Jambi-Jakarta. Nah kemarin di tanggal 1 (Juli 2020) kami mulai gerak jalan, dari Merak sampai ke Istana negara, tanggal 9 (Juli 2020) kami nyampai. Diterima pihak Istana jam 4 (sore) di KSP oleh pak Arbert Tarigan. Kalau kemarin mereka menerima kami hasil pendiskusian mereka akan mendorong pertemuan besar dan memanggil semua pihak termasuk pemerintah daerah," tuturnya.

"Di 2016 sebenarnya sudah dapat surat instruksi dari BPN RI untuk mengembalikan lahan 3.550 hektar. Tapi pemerintah daerah sendiri yang tidak melaksanakan apa yang menjadi instruksi pemerintah pusat," sambungnya.

Tonton video 'Sambangi Komnas HAM, Suku Anak Dalam Ngadu soal Lahan Direbut':

Selanjutnya
Halaman
1 2