Pekerja Seni Demo di Balkot DKI, Minta Organ Tunggal Diizinkan Manggung Lagi

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:01 WIB
Komnitas Pekerja Seni demo di depan Balai Kota DKI.
Komnitas Pekerja Seni berdemo di depan Balai Kota DKI. (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah massa dari komunitas pekerja seni Jakarta, khususnya dangdut, menggelar demo di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka minta agar sektor usahanya, yakni organ tunggal, bisa diizinkan manggung lagi.

Pantauan di lokasi, Senin (13/7/2020), massa yang menggelar aksi di depan kantor Gubernur DKI Anies Baswedan itu menyebut, selama pandemi COVID-19, mereka sudah tidak memiliki pendapatan.

"Dari komunitas musisi Jakarta khususnya musisi dangdut. Musisi organ tunggal, dangdut kampunglah. Bergabung di sini untuk meminta bisa diizinkan aktivitas kembali, untuk kita mencari nafkah. Ke depannya bagaimana kehidupan sehari-hari. Istilahnya kita juga tidak ada pemasukan," ujar salah satu massa bernama Anis di depan Balai Kota DKI Jakarta.

"Kita nggak muluk-muluk ya, agar diberi izin untuk beraktivitas, manggung kembali, untuk mencari nafkah lagi," sambungnya.

Anis mengaku para musisi sudah tidak bekerja lebih dari 4 bulan. Menurutnya, tak sedikit dari musisi dangdut yang sudah menjual beberapa barang pribadi untuk menyambung hidup.

"Ya (untuk kebutuhan) sehari-hari jual yang ada harta benda, tabungan ya kita buat pakai (sehari-hari juga)," ucapnya.

Setelah menyampaikan tuntutan, para musisi itu kemudian memutarkan lagu dangdut dari sound system yang ada di mobil pikap. Dengan beberapa biduan, mereka asyik berjoget.

(idn/idn)