Disdik Sumut Imbau Sekolah Tak Paksakan KBM Tatap Muka Jika Ortu Siswa Menolak

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 17:26 WIB
Poster
Ilustrasi KBM tatap muka di sekolah saat pandemi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) mengizinkan sekolah yang berada di daerah zona hijau virus Corona (COVID-19) menggelar kegiatan belajar-mengajar (KBM) tatap muka tapi dengan syarat. Disdik Sumut mengimbau pihak sekolah tidak memaksakan menggelar KBM tatap muka jika ada orang tua (ortu) yang tak mengizinkan.

"Kalau surat edaran Gubernur itu, (KBM tatap muka) dimungkinkan di zona hijau. Dengan catatan melengkapi persyaratan-persyaratan. Kalau sudah apa, silakan sesuai prosedur protokol kesehatan. Tapi khusus zona hijau. Yang lainnya tetap belajar, cuma dia belajar di rumah. Daring," kata Sekretaris Disdik Sumut Alpian Hutahuruk saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (12/7/2020).

Alpian menegaskan setiap sekolah di zona hijau Corona yang ingin menggelar KBM tatap muka harus mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, sekolah meminta agar mengistirahatkan pegawai yang sedang sakit.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudian tidak boleh dipaksakan. Kalau misal murid tidak dikasih izin sama orang tua, nggak boleh dipaksakan. Kalau guru, tata usaha, atau murid ada penyakit apa, penyakit tahunan, gitu kan, sebaiknya nggak usah sekolah. Lalu sekolah menyiapkan alat cek suhu, masker, hand sanitizer," papar Alpian.

Alpian memastikan Pemprov Sumut akan mengizinkan sekolah menggelar KBM tatap muka. Pihak sekolah juga diminta berkoordinasi dengan pihak rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Selanjutnya
Halaman
1 2